Sulit Dapat Kerja, Angka Pengangguran Naik Dampak Pandemi

PHK membuat angka pengangguran di Kabupaten Sukoharjo bisa mengalami peningkatan. Angka PHK dikatakan Sukarno, bisa saja naik signifikan berasal dari calon pekerja lulusan sekolah dan perguruan tinggi. Sebab sudah dua tahun sejak awal pandemi 2020 lalu banyak siswa lulusan sekolah dan perguruan tinggi tidak semuanya terserap di dunia usaha menjadi pekerja.

“PHK dan penambahan angka pengangguran khususnya berasal dari lulusan sekolah dan perguruan tinggi masih menjadi ancaman besar di Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya.

FPB melihat penambahan angka pengangguran bisa bertambah banyak apabila ada kasus PHK massal. Salah satunya pernah dicatat FPB disalah satu pabrik di wilayah Kecamatan Kartasura. Banyak buruh yang sudah berusia tua mengalami kesulitan mendapatkan kerja kembali demi memperoleh pendapatan. Pekerja dengan usia muda beberapa diantaranya bisa mendapatkan pekerjaan baru demi menyambung hidup.

“Siswa lulusan SMA dan SMK misal yang dalam dua tahun terakhir sejak pandemi virus Corona mereka bisa saja melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Tapi banyak juga yang tidak dan berusaha mencari kerja. Mereka mengalami kesulitan dan akan menambah angka pengangguran. Hal sama juga terjadi pada lulusan perguruan tinggi. Maka dibutuhkan bantuan pemerintah agar angka pengangguran menurun dan mereka bisa terserap kerja,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI