Sungai Bengawan Solo Paling Rawan Banjir

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Wilayah yang berada disepanjang Sungai Bengawan Solo dan alirannya masih rawan terjadi banjir saat hujan turun. Kerawanan serupa juga terjadi di perkampungan penduduk yang posisinya lebih rendah dari jalan dan saluran pembuangan air tidak lancar. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo terkait kerawanan tersebut sudah melakukan antisipasi dengan melibatkan semua pihak.

Kepala BPBD Sukoharjo Sri Maryanto, Senin (2/12) mengatakan, BPBD Sukoharjo sudah melakukan awal pemetaan kerawanan bencana alam khususnya dalam menghadapi banjir. Petugas melihat dari dekat wilayah mana saja yang rawan terkena banjir. Pendataan dilakukan sebagai bagian dari persiapan apabila memang nanti terjadi banjir.

Wilayah paling rawan banjir meliputi Kecamatan Nguter, Sukoharjo Kota, Grogol, Polokarto, Mojolaban karena dilintasi aliran Sungai Bengawan Solo. Setiap tahun saat musim hujan datang hampir selalu terkena banjir. Warga terdampak yang rumahnya terendam air terpaksa harus diungsikan ke tempat aman.

"Wilayah paling rawan banjir merupakan wilayah disepanjang Sungai Bengawan Solo dan aliran sungai lainnya. Tapi di luar itu juga ada wilayah rawan banjir lain di tengah kota atau kampung jauh dari aliran sungai besar," ujarnya.

Untuk wilayah rawan banjir disepanjang aliran Sungai Bengawan Solo dilakukan persiapan dan langkah antisipasi agar tidak jatuh korban dengan melibatkan sejumlah pihak. BPBD Sukoharjo bersama instansi terkait sudah melakukan sosialisasi dan pelatihan penanggulangan kebencanaan. 

Warga yang tinggal di wilayah rawan banjir sudah diajarkan tentang cara mengevakuasi diri. Selain itu juga telah dibuatkan jalur pengaman untuk menyelamatkan agar tidak terjebak banjir. Beberapa jalur evakuasi juga telah disiapkan untuk mempermudah proses penyelamatan diri.

"Warga yang tinggal di wilayah rawan banjir mereka sudah hafal kebiasaan menghadapi bencana. Namun terkadang petugas harus memaksa mereka untuk mempercepat menyelamatkan diri. Warga tetap tinggal karena ingin menjaga barang harta benda," lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI