Surat Suara Kurang, KPU Boyolali Akan Lakukan Investigasi

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI, KRjogja.com – KPU Boyolali akan melakukan evaluasi dan investigasi atas kejadian tak sesuainya jumlah surat suara dalam kotak suara yang tersegel di tujuh TPS di Kecamatan Boyolali Kota dengan jumlah pemilih yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub Jateng. Akibatnya saat pencoblosan kemarin, tujuh TPS tersebut kekurangan sebanyak 1.498 surat suara.

Kejanggalan terjadi saat petugas TPS membuka kotak suara. Meskipun tak ditemukan segel yang rusak, namun jumlah surat suara tak sesuai dengan jumlah DPT. Untuk menggenapi surat suara yang kurang, KPU Bpyolali pun terpaksa menggeser surat suara yang tak  terpakai dari desa/kelurahan terdekat dan berhasil menutup kekurangan sekitar seribuan lembar.  Secara regulasi, hal tersebut memang dimungkinkan.

“Kita ada data surat pemberitahuan C6 yang disampaikan ke pemilih namun tak tersampaikan karena ketemu pemilihnya sehingga dikembalikan. Ada juga pergeseran surat suara dari Kecamatan Andong untuk menutup kekurangan,” kata Komisioner KPU Boyolali, Ali Fachrudin, Kamis (28/6).

Sampai saat ini, pihaknya belum tahu penyebab ketidaksesuaian jumlah surat suara dan DPT tersebut dan akan melakukan evaluasi dan investigasi. Sejauh ini dari penelusuran yang dilakukan, katanya, tak ada kesalahan prosedural, sejak mulai pengepakan yang melibatkan tim dari KPU dan PPK.

Pengecekan surat suara dan formulir, lanjut ali, juga dilakukan secara bertingkat dan sudah clear untuk kemudian dimasukkan ke kotak suara dan disegel untuk selanjutnya didistribusikan.  Pengamanan kotak dan surat suara tersegel juga dibantu oleh pihak kepolisian.

Meski ribuan surat suara tersebut saat ini belum diketahui keberadaannya, Ali belum bisa mengatakan surat suara tersebut hilang, sebab masih menunggu evaluasi internal kinerja KPU yang akan dilakukan terkait pelaksaan Pilgub Jateng secara menyeluruh. “Saat ini kita fokus amankan proses yang sudah berjalan dulu,” tandasnya.

Diinformasikan, berdasar hasil hitung cepat Pilgub Jateng 2018 yang diunggah melalui web KPU Jawa Tengah, paslon Ganjar Pranowo – Taj Yasin memperoleh kemenangan mutlak di Boyolali dengan perolehan sebanyak 404.022 suara atau 71,29 persen. Sementara paslon Sudirman Said – Ida Fauziyah mendapat 162.711 suara atau 28,71 persen. (Gal)

BERITA REKOMENDASI