Susu Kambing, Potensi Emas Saat Pandemi

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai jenis usaha, tak pandang bulu terkena imbas dari pandemi ini. Menyikapi hal tersebut, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dan berinovasi demi bisa bertahan di masa serba sulit ini. Salah satu usaha yang mampu bertahan dimasa sulit ini, dengan beternak kambing perah ini merupakan bidang usaha yang sangat berprospek cerah untuk dilakukan.

Hal ini dilakukan oleh Erik Darmadi, salah satu peternak kambing perah warga Desa Sukorejo, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Erik menjelaskan bahwa usaha kambing perahnya ini sudah berjalan hampir lima tahun. Kambing perah yang diternak berjenis Sanen yang mampu memproduksi susu lebih banyak jika dibanding jenis lain.

Dipilihnya kambing perah, karena selain bermanfaat untuk kesehatan masyarakat, susu kambing memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Susu kambingnya dapat dijual dengan harga Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu per liter. Untuk itu agar menghasilkan susu berkualitas, Ia secara khusus memberikan jenis makanan yakni konsentrat, ijoan atau rerumputan dan fermentasi dari olahan rumput kering, tetes tebu dan EM4.

“Kalau susu sapi itu rata-rata per liter cuman enam ribu, tetapi kalau susu kambing kita jual bisa per liter 15 sampai 25 ribu,” ungkapnya saat ditemui di kandang kambing miliknya pada Minggu (11/4/2021).

BERITA REKOMENDASI