Tahapan PPDB Online SMP Dimulai 14 Juni

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ajaran baru 2021/2022 dimulai Senin (14/6/2021). Ada 50 SMP negeri dan swasta membuka pendaftaran secara online.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Darno, Minggu (13/6/2021) mengatakan, syarat umum pendaftaran PPDB online tingkat SMP tahun ajaran baru 2021/2022 yakni, usia calon peserta didik baru SMP maksimal 15 tahun pada tanggal 1 Juli 2021, melakukan pra pendaftaran di website PPDB secara mandiri, surat keterangan lulus asli satu lembar dan satu lembar fotocopy, mengumpulkan rekap nilai raport kelas 4, kelas 5 semester 1 dan 2 dan kelas 6 semester 1. Rekap nilai raport harus sesuai dengan format dari dinas.

Syarat pendaftaran lainnya, mengumpulkan dokumen NISN yang dicetak dari laman http:nisn.data.kemendikbud.go.id sebanyak dua lembar, menunjukan Kartu Keluarga (KK) asli atau KK terbaru yang terdapat barcodenya dan mengumpulkan fotocopy dua lembar. Untuk KK yang diperbarui maka bisa menggunakan fotocopy KK lama. Khusus korban bencana alam atau bencana sosial, KK dapat diganti dengan surat keterangan domisili RT dan RW yang disahkan lurah atau kepala desa setempat. KK atau surat keterangan domisili diterbitkan paling singkat satu tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.

Calon siswa baru saat mendaftar juga wajib menunjukan akta kelahiran atau surat keterangan lahir asli dan mengumpulkan fotocopy dua lembar. Berkas dimasukan ke dalam map satu set untuk sekolah, satu set untuk dinas dengan warna map pendaftar lingkungan dan zonasi warna merah, afirmasi warna biru, prestasi warna kuning dan pendaftar perpindahan tugas orang tua warna hijau.

BERITA REKOMENDASI