Tahapan PPDB Online SMP Dimulai 14 Juni

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo juga mengeluarkan kebijakan syarat khusus pendaftaran, bagi pendaftar lingkungan domisili RW masuk dalam daftar batas lingkungan yang ditetapkan oleh kepala sekolah, bagi pendaftar afirmasi menunjukan KIP/PKH/KKS/KPS asli atau Basis Data Terpadu (BDT), Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), mengumpulkan fotocopy dua lembar, bagi pendaftar jalur perpindahan tugas orang tua menunjukan surat penugasan asli dari instansi, lembaga, kantor atau perusahaan yang mempekerjakan dan mengumpulkan fotocopy dua lembar, bagi anak guru yang akan mendaftar di SMP dimana orang tuanya mengajar mengumpulkan fotocopy SK mengajar terakhir dua lembar.

Darno melanjutkan, verifikasi piagam penghargaan dilakukan di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo, membawa piagam asli dan fotocopy piagam yang akan dinilai dua lembar yang dilegalisir sesuai ketentuan. Piagam penghargaan yang diakui adalah yang dicapai peserta didik dalam kurun waktu tiga tahun terakhir terhitung Juni 2018 sampai Juni 2021.

Jadwal PPDB dimulai pada 14-19 Juni pra pendaftaran, 21-23 Juni PPDB tahap 1 dan verifikasi piagam, 24 Juni penyerahan hasil verifikasi piagam, 24-26 Juni pengumuman dan daftar ulang PPDB tahap 1, 28-30 Juni PPDB tahap 2, 1 Juli validasi data PPDB tahap 2. Tahapan PPDB kemudian dilanjutkan pada 2,3,5 Juli pengumuman dan daftar ulang PPDB tahap 2, 12 Juli hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru 2021/2022.

Alur pendaftaran dimulai dari siswa hanya boleh memilih salah satu jalur dan diberikan empat pilihan, untuk pilihan 1,2,3 wajib diisi SMP negeri dan pilihan keempat bisa diisi SMP negeri atau swasta. Jika jumlah pendaftar melebihi daya tampung sedangkan jumlah pendaftar jalur lain belum terpenuhi, maka pendaftar mengisi kekurangan data tampung di jalur lain dalam sekolah tersebut, jika jumlah pendaftar di semua jalur melebihi daya tampung, maka pendaftar yang nilainya dibawah passing grade akan digeser ke pilihan berikutnya. Jika ada beberapa pendaftar dengan batas bawah yang sama persis maka diterima semua sesuai jalurnya, menandatangani surat pernyataan bersedia masuk di SMP dimana pendaftar dinyatakan diterima.

“Jika pendaftar diterima di SMP pilihan 2,3 dan 4 maka serahterima berkas pendaftaran dilakukan oleh antar petugas sekolah atau bukan oleh pendaftar,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI