Tak Ada Kejadian Menonjol, Pelaksanaan Arus Mudik dan Balik Lebaran di Sukoharjo Aman

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran tahun 2022 di Kabupaten Sukoharjo berjalan aman dan lancar. Tidak ditemukan kejadian menonjol berupa kecelakaan dengan banyak korban dan tindak kejahatan besar.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Toni Sri Buntoro, Minggu (8/5/2022) mengatakan, secara umum pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran tahun 2022 berjalan aman dan lancar. Arus lalu lintas tertangani dengan baik dengan melibatkan petugas dari tim gabungan di Kabupaten Sukoharjo.

Kelancaran tersebut dikatakan Toni berkat dukungan semua pihak dengan bersama turun melakukan pemantauan dan pengaturan. Selain itu juga dibantu pihak terkait dengan mempersiapkan infrastruktur jalan membantu kelancaran arus mudik dan balik lebaran.

“Arus mudik dan balik lebaran tahun 2022 berjalan aman dan lancar. Tidak ada kejadian menonjol seperti kecelakaan dengan banyak korban maupun tindak kejahatan menonjol. Semua dapat tertangani dengan baik berkat dukungan pihak terkait dan tim gabungan di Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya.

Dishub Sukoharjo masih akan terus memantau kondisi perkembangan lalu lintas setelah lebaran beberapa hari kedepan. Sebab kondisi jalan masih dalam masa transisi setelah dipenuhi kendaraan pemudik.

“Puncak arus balik lebaran mungkin sudah terjadi pada 8 Mei ini. Tapi kami masih memantau beberapa hari kedepan karena dimungkinan beberapa titik jalan disejumlah wilayah seperti di Kecamatan Kartasura masih rawan macet karena pemudik yang melakukan arus perjalanan balik belakangan,” lanjutnya.

Toni mengatakan, wilayah Kecamatan Kartasura menjadi salah satu wilayah yang mendapat prioritas pemantauan selama mudik dan balik lebaran. Sebab wilayah tersebut menjadi jalur penting terpadat di Kabupaten Sukoharjo karena menjadi penghubung antar daerah.

Pemantauan nantinya akan dilakukan Dishub Sukoharjo dengan menerjunkan petugas turun ke jalan mengatur lalu lintas. Selain itu digunakan cara lain melalui kamera CCTV yang terpasang disejumlah titik baik di wilayah Kecamatan Kartasura maupun lainnya di Kabupaten Sukoharjo.

“Semua lancar, termasuk penggunaan Underpass Makamhaji Kartasura sebagai jalur mudik dan balik lebaran. Kerusakan jalan sebelumnya telah diperbaiki dan memperlancar arus lalu lintas kendaraan pemudik dan masyarakat umum,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI