Tak Ada Konvoi, Siswa SMP/MTs di Sukoharjo Lulus 100 Persen

SUKOHARJO,KRJOGJA.com – Pengumuman kelulusan siswa SMP/MTs di Sukoharjo digelar, Jumat (2/6/2017) sore. Seluruh siswa yang mengikuti ujian nasional (UN) dinyatakan lulus 100 persen. Dalam proses pengumuman kelulusan siswa dilarang melakukan konvoi sepeda motor.

Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Dwi Atmojo Heri, Jumat (2/6/2017) mengatakan, berdasarkan hasil rapat dewan guru di masing masing sekolah tingkat SMP/MTs negeri dan swasta diketahui seluruh siswa dinyatakan lulus 100 persen. Hasil tersebut membuat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo lega karena tidak ada siswa yang tinggal kelas.

Hasil memuaskan juga didapat dengan banyaknya siswa peserta UN tingkat SMP/MTs yang memperoleh nilai sempurna 100. Rinciannya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 4 siswa, Matematika 133 siswa, IPA 18 siswa. “Total ada 155 siswa memperoleh nilai UN 100 dan 100 persen siswa SMP/MTs di Sukoharjo lulus,” ujar Heri.

Sekolah dan siswa sebelum pelaksanaan UN telah dilakukan persiapan jauh hari. Khusus untuk siswa mereka telah dilatih mengerjakan soal ujian dan latihan bersama. Persiapan tersebut sekarang berbuah hasil manis.

“Kedepan kami berharap prestasi ini bisa terus diulangi dikemudian tahun. Setiap UN kami harap bisa lulus 100 persen,” lanjutnya.

Sementara itu pelaksanaan pengumuman kelulusan UN tingkat SMP/MTs digelar di masing masing sekolah sore hari. Pengambilan hasil ujian dilakukan dengan mengundang orang tua murid. Siswa tetap diminta tidak melakukan konvoi kendaraan.

Untuk mengamankan jalannya pelaksanaan pengumuman kelulusan tersebut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo sudah berkoordinasi dengan Polres. Nantinya pengamanan dilakukan di sekolah bahkan patroli kelililing jalan agar tidak terjadi pelanggaran.

Konvoi kendaran siswa rawan terjadi usai dilaksanakannya pengumuman di sekolah sekitar pukul 16.00. Disaat bersamaan masyarakat sedang sibuk melakukan persiapan menjelang buka puasa.

“Orang tua siswa harus hadir di sekolah untuk mengambil pengumuman kelulusan. Undangan kepada mereka sudah disiapkan oleh masing masing sekolah,” lanjutnya.

Ketua Komisi IV DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi mengatakan, hasil kelulusan 100 persen siswa SMP/MTs jelas membanggakan. Siswa mendapatkan hasil memuaskan setelah melalui serangkaian persiapan jauh hari.

“Meski lulus 100 persen kami harap siswa tidak meluapkannya dengan konvoi kendaraan,” ujarnya.(Mam)

BERITA REKOMENDASI