Tak Ada Temuan Kasus Hepatitis Akut Misterius di Sukoharjo

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Kasus hepatitis akut misterius belum ditemukan di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo memastikan hal tersebut setelah melakukan pemantauan dan hasilnya belum ada laporan temuan kasus. Pemantauan masih akan terus dilakukan dengan melibatkan puskesmas disemua wilayah.

“Kasus hepatitis akut misterius di Kabupaten Sukoharjo dan Jawa Tengah belum ada laporan kasus. Semoga saja tidak terjadi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Tri Tuti Rahayu, Sabtu (07/05/2022)

DKK Sukoharjo sudah menerjunkan petugasnya melakukan pemantauan kondisi kesehatan masyarakat. Hal sama juga dilakukan dengan melibatkan puskesmas disemua wilayah. Keterlibatan banyak petugas diharapkan dapat maksimal dalam memantau sekaligus mencegah terjadinya kasus hepatitis akut.

DKK Sukoharjo juga memastikan perkembangan pemantauan oleh petugas survailen di wilayah puskesmas masing-masing. Masyarakat juga diminta aktif membantu menjaga kondisi dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Selain kasus virus Corona mengingat sekarang masih pandemi dan ada peringatan dari pemerintah pusat terkait kasus hepatitis meski belum ada temuan di Kabupaten Sukoharjo, namun DKK Sukoharjo tetap waspada dengan melakukan pemantauan,” lanjutnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Widodo mengatakan, berdasarkan keterangan dari DKK Sukoharjo belum ada temuan kasus hepatitis akut di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Temuan kasus hepatitis akut diluar daerah menjadi peringatan bagi Pemkab Sukoharjo untuk terus melakukan langkah kehati-hatian.

Pemkab Sukoharjo meminta pada DKK Sukoharjo melakukan pemantauan dengan melibatkan semua petugas dan kader kesehatan hingga tingkat desa dan kelurahan. Puskesmas juga diminta aktif membantu memantau kondisi kesehatan di wilayahnya masing-masing. (Mam)

BERITA REKOMENDASI