Tak Ada TPS Rawan di Boyolali, Polisi Tetap Terjunkan 700 Anggota

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Dalam rangka pengamanan proses Pilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah pada Rabu (27/6/2018) besok, sebanyak 700 anggota Polres Boyolali mulai diberangkatkan sejak Senin (25/6/2018), ke 1.645 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Boyolali.

Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi mengatakan, pengamanan dari kepolisian dilakukan sejak masa tenang, hari pencoblosan, hingga H+1 pencoblosan untuk memastikan keamanan pasca pemilihan. Satu polisi akan mengampu empat hingga lima TPS dibantu minimal dua anggota linmas di tiap TPS. Jarak antar TPS yang tak terlalu jauh memungkinkan anggota untuk melakukan patroli secara berkala untuk memastikan keamanan TPS.

"Selasa pagi besok, seluruh anggota yang ditugaskan harus sudah berada di TPS masing-masing serta berkoordinasi dengan KPPS dan Linmas di masing-masing TPS," katanya.

Untuk pengamanan, lanjutnya, kepolisian juga akan dibantu sebanyak 270 personel Kodim 0724/Boyolali, yang sebagian disiagakan di Mako Polres Boyolali serta melakukan patroli bersama. Untuk menjaga kelancaran dan kesuksesan Pilgub, ia mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat serta kontestan Pilgub untuk menghindari aktivitas negatif, semisal penyebaran berita bohong hingga politik uang demi memenangkan jagoannya.
"Untuk TPS rawan di Boyolali tidak ada," jelasnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali, Siswadi Sapto Harjono menambahkan, persiapan logistik Pilgub saat ini sudah kelar. Mulai mulai hari, logistik pemilihan akan digeser atau dikirim dari PPK ke kelurahan untuk selanjutnya didistribusikan ke TPS pada Selasa. Distribusi logistik ini diamankan dengan back up anggota Polri, TNI, dan Satpol PP.

"Sebanyak 1.654 TPS sudah siap. Selain itu, kami juga menyediakan TPS geser, yakni TPS yang berpindah-pindah untuk mengakomodasi pemilih yang berhalangan datang ke TPS, misal pemilih yang sedang menjalani rawat inap. TPS geser nanti akan berpindah-pindah, misal di rumah sakit, puskesmas dan sebagainya," pungkasnya. (Gal)

 

BERITA REKOMENDASI