Tak Pakai Masker Masuk Pasar Tradisional, Disanksi

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Kewajiban memakai masker saat mengakses pasar tradisional berlaku bagi semua pihak. Tindakan akan dilakukan petugas baik berupa pembinaan maupun mewacanakan pemberian sanksi tegas. Petugas akan melakukan pengecekan disetiap sisi akses keluar masuk pasar tradisional.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Selasa (18/8) mengatakan, masker wajib dipakai oleh semua pihak saat mengakses pasar tradisional. Hal itu sejalan dengan usaha pencegahan penyebaran virus corona di pasar tradisional yang dilakukan Pemkab Sukoharjo. “Masker wajib berlaku dipakai semua pihak. Baik pedagang, pembeli, pengunjung, pangantar barang, bahkan hingga pejabat sekalipun. Apabila tidak maka akan dilarang masuk bahkan kami wacanakan dikenakan sanksi tegas,” ujarnya.

Sutarmo menjelaskan, sudah menerima permintaan kewajiban memakai masker baik dari Pemkab maupun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo. Hal itu dilakukan setelah sebelumnya ditemukan kasus positif virus corona di pasar tradisional.

Pengawasan sudah dilakukan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo dengan meminta pengelola pasar tradisional melakukan pengetatan. Petugas menjaga setiap akses keluar masuk pasar tradisional untuk memastikan pemakaian masker. “Ada sekitar 8.429 pedagang pasar tradisional tersebar di 12 kecamatan. Lengah sekecil apapun dengan tidak memakai masker maka resiko penularannya sangat besar dan merugikan,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI