Takmir Masjid Sudah Tersosialisasi Wabah PMK

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Takmir masjid dan panitia penyembelihan hewan kurban dipastikan sudah menerima sosialisasi dan pelatihan terkait pelaksanaan penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha mendatang. Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo meminta pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan prinsip kehati-hatian karena wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) dan pandemi virus Corona belum berakhir.

“Semua takmir masjid dan panitia penyembelihan hewan kurban dalam rangka menghadapi Idul Adha dan ditengah wabah PMK dan pandemi virus Corona belum berakhir sudah kami beri sosialisasi dan edukasi. Materi kami sampaikan berdasarkan Fatwa MUI nomor 32 Tahun 2022,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Bagas Windaryatno, Selasa (28/06/2022).

Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo juga meminta pada takmir masjid untuk segera melapor pada petugas terdekat apabila mendatangkan jagal dari luar daerah. Hal ini penting mengingat pelaksanaan Idul Adha tahun ini muncul wabah PMK.

“Sudah ada beberapa takmir masjid melapor akan mengunakan jagal untuk penyembelihan hewan kurban nanti dari luar daerah. Sudah kami beri sosialisasi dan edukasi. Apabila ada jagal luar daerah lainnya yang akan masuk kami minta untuk dilaporkan dan dikoordinasikan kaitannya dengan adanya wabah PMK,” lanjutnya.

Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo juga memberikan informasi bahwa pelobangan pada telinga hewan dengan eartag atau cap pada tubuh sebagai tanda sudah divaksin atau indentitas tidak menghalangi keabsahan hewan kurban. Informasi tersebut disampaikan mengingat beberapa hewan ternak yang akan dijadikan hewan kurban kemungkinan mengalami kondisi tersebut setelah mendapat vaksin.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Sukoharjo Wawan Pribadi mengatakan, sosialisasi dan edukasi kepada takmir masjid dan panitia penyembelihan hewan kurban sangat penting. Sebab kondisi sekarang ada wabah PMK.

“Sudah ada penanganan dari Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo terkait wabah PMK seperti vaksinasi pada hewan ternak dan sosialiasi dan edukasi pada takmir masjid dan panitia penyembelihan hewan kurban,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI