Takut Meluas, Sukoharjo Ajukan Tambahan Vaksin Ternak ke Provinsi

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo meminta tambahan pasokan vaksin hewan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Vaksin hewan sangat dibutuhkan sekarang sebagai antisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak khususnya sapi. Kasus PMK sendiri sampai sekarang belum ditemukan di Kabupaten Sukoharjo.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Bagas Windaryatno, Jumat (13/5/2022) mengatakan, vaksin ternak menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kondisi sekarang Pemkab Sukoharjo sangat membutuhkan tambahan pasokan vaksin ternak sebagai antisipasi wabah penyakit PMK pada ternak. Karena itu Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo meminta tambahan pasokan vaksin ternak ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Diharapkan pengajuan dapat segera terkabul dan vaksin ternak bisa dikirim secepatnya.

Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo sendiri sekarang masih memiliki stok vaksin ternak. Namun demikian jumlahnya masih belum mencukupi. Sebab kebutuhan vaksin ternak sekarang sangat tinggi ditengah ancaman wabah penyakit PMK.

Vaksin ternak nantinya akan disediakan Pemkab Sukoharjo melalui Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk dibagikan pada masyarakat. Sasarannya yakni pedagang dan peternak yang tersebar disejumlah wilayah. Petugas akan memberikan suntikan vaksin pada ternak dan didata.

“Kami sudah mengirimkan surat pengajuan vaksin ternak ke provinsi. Harapannya segera turun dan dilakukan vaksinasi,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI