Tanah Labil, Betonisasi Pakai Besi Bertulang

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Pengerjaan betonisasi jalan di Desa Ngleses, Kecamatan Juwangi, yang menjadi bagian dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I tahun ini terus dikebut. Meski terkendala musim hujan dan kontur tanah yang labil, kerjasama yang apik antara TNI dan masyarakat setempat menjadikan pengerjaan berjalan lancar. 

Dalam betonisasi jalan sepanjang 250 meter tersebut, konstruksi beton selebar 3,5 meter dibuat cukup tebal dan menggunakan rangka kawat besi agar konstuksi awet. Sebab kontur tanah di wilayah setempat cukup labil. Pengerjaan jalan yang dilakukan puluhan personel TNI dari perwakilan Koramil di seluruh Boyolali dan masyarakat setempat pun harus diperhitungkan dengan cermat, sebab curah hujan saat ini cukup tinggi.

Komandan Ramil 19/Juwangi, Kapten Inf Suyatno, Jumat (8/3) menuturkan, betonisasi jalan tersebut diharapkan bisa meningkatkan berbagai aspek kehidupan di desa paling ujung utara Boyolali tersebut. Selain menjadi akses interaksi, jalan tersebut merupakan poros utama laju perekonomian desa setempat. 

Setelah selesai, sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat setempat untuk menjaga dan merawatnya.  "Terima kasih untuk warga masyarakat yang sangat mendukung dalam program ini," katanya. 

Dalam TMMD yang akan digelar selama sebulan dan dimulai sejak akhir bulan lalu, anggaran yang dialokasikan sebesar Rp502 juta, berasal dari APBD I sebesar Rp235 juta, APBD II Rp252 juta, dan swadaya masyarakat Rp15 juta. (Gal)

BERITA REKOMENDASI