Tanggul Kali Dengkeng Ambrol

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Tanggul Kali Dengkeng di Dukuh Senden Desa Tawang Kecamatan Weru ambrol setelah tergerus derasnya arus air. Akibat kondisi tersebut membuat salah satu rumah warga nyaris hanyut. Pemiliknya kemudian terpaksa merobohkan rumahnya sendiri.

Pemilik rumah Santi warga Senden, Tawang, Weru mengatakan hujan deras terjadi pada Rabu (09/11/2016) malam hingga membuat debit air mengalami peningkatan. Arus juga menjadi deras dan mengerus tanggul disekelilingnya.

Gerusan air sampai ke pondasi rumah dan membuat bangunan menjadi rawan roboh. Pemilik rumah kemudian terpaksa merobohkan bangunannya sendiri. “Kondisinya membahayakan tanggul ambrol dan menghanyutkan tanah, pondasi rumah saya juga kena dan membuat rawan hanyut jadi sekalian dirobohkan,” ujar Santi kepada KRjogja.com, Kamis (10/11/2016).

Untuk merobohkan rumahnya sendiri Santi meminta bantuan kepada keluarga dan para tetangga. Seluruh bangunan sekarang rata dengan tanah. Sedangkan isi rumah berupa perabot sudah dievakuasi untuk diamankan.

Perangkat Desa Tawang Weru Priyadi mengatakan, sebelum terjadi tanggul ambrol kondisinya normal tidak ada masalah. Permasalahan baru muncul setelah ada proyek pengerukan dengan menggunakan alat berat.

Disaat dikerjakan alat berat tersebut terguling ke sungai, akibatnya pengerjaan menjadi terhenti karena pekerja harus mengangkat alat berat. Proses pengangkatan alat berat dilakukan dengan menggunakan peralatan lainnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI