Target 100 Persen Kampung KB Diharapkan Tuntas

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Target 100 persen kampung Keluarga Berencana (KB) di 167 desa dan kelurahan di 12 kecamatan diharapkan terealisasi pada tahun 2018 sesuai target. Sebab sampai sekarang atau selama dua tahun terakhir baru ada 15 kampung KB. Jumlah tersebut sangat sedikit dan terus akan ditingkatkan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sukoharjo Proboningsih Dwi Danarti, Jumat (04/05/2018) mengatakan, Pemkab Sukoharjo memiliki target bisa merealisasikan terbentuknya kampung KB disemua desa dan kelurahan. Kebijakan tersebut sudah sering disosialisasikan sejak lama kesemua desa, kelurahan dan kecamatan.

Sampai Mei 2018 diketahui baru ada 15 kampung KB dari total 167 desa dan kelurahan di Sukoharjo. Kampung KB tersebut sudah berdiri sebagai rintisan atau awal dimasing masing perwakilan di 12 kecamatan.

"Untuk ditingkat kecamatan semua sudah ada perwakilan kampung KB. Sebab di Sukoharjo hanya ada 12 kecamatan sedangkan kampung KB yang sudah terbentuk ada 15 kampung KB. Artinya ada kecamatan yang sudah membentuk dua kampung KB ditingkat desa dan kelurahan. Kami harap Tahun 2018 ini sesuai target 167 desa dan kelurahan sudah membentuk kampung KB," ujar Proboningsih.

Proboningsih mengakui cukup berat dalam sisa waktu sampai Desember 2018 untuk merealisasikan pembentukan kampung KB disemua desa dan kelurahan di Sukoharjo. Meski berat namun Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sukoharjo tetap akan melaksanakannya.

Salah satu hasil yang sudah siap membentuk kampung KB yakni di wilayah Kecamatan Bendosari. Pihak kecamatan sudah menyatakan siap sepenuhnya membentuk kampung KB disemua desa dan kelurahan.

Diharapkan hal serupa juga dilaksanakan kecamatan lainnya di Sukoharjo. Pihak kecamatan memiliki peran mendorong desa dan kelurahan di wilayahnya segera melakukan persiapan sejak dini. "Target 100 persen terbentuk kampung KB diharapkan tuntas maksimal sampai akhir tahun 2018," lanjutnya.

Kampung KB dijelaskan Proboningsih memiliki banyak peran baik bagi desa, kelurahan, kecamatan, Pemkab Sukoharjo sampai pemerintah pusat. Salah satu peran tersebut yakni berkaitan dengan upaya menekan ledakan jumlah penduduk di Sukoharjo. (Mam)

BERITA REKOMENDASI