Target Tiga Kali, Petani Diminta Gerak Cepat Tanam Padi

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pintu air Dam Colo Nguter siap dibuka setelah ditutup selama satu bulan untuk pemeliharaan rutin sejak 11 Oktober lalu. Petani diminta untuk segera memanfaatkan air dengan gerak cepat melakukan olah tanah dan tanam padi. Hal itu dilakukan agar petani bisa melakukan tiga kali tanam padi. Stok air juga semakin melimpah mengingat sekarang sudah masuk musim hujan.

Ketua Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Dam Colo Timur, Jigong Sarjanto, Senin (9/11), mengatakan, kondisi sekarang pihak pengelola Dam Colo Nguter yakni Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo sedang melakukan persiapan pembukaan kembali pintu air. Hal itu dilakukan setelah selama satu bulan pintu air Dam Colo Nguter ditutup sementara untuk perawatan rutin tahunan.

Pembukaan pintu air Dam Colo Nguter dilakukan juga setelah melihat stok air dari Waduk Gajah Mungkur, Wonogori penuh. Stok air yang melimpah siap dialirkan melalui saluran untuk digunakan petani. “Stok air melimpah dan sudah waktunya pintu air Dam Colo Nguter dibuka kembali setelah satu bulan ditutup untuk perawatan rutin. Petani kami minta gerak cepat dengan melakukan olah tanah dan tanam padi,” ujarnya.

Pengurus P3A Dam Colo Timur meminta gerak cepat petani agar mereka bisa melakukan tiga kali tanam padi. Dengan demikian maka hasil panen yang didapat juga melimpah dan menguntungkan. Disisi lain, permintaan dilakukan untuk memanfaatkan stok air melimpah agar tidak terbuang percuma.

BERITA REKOMENDASI