Tarif Air Minum PDAM Sukoharjo Naik

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Tarif air minum PDAM Sukoharjo terhitung Januari 2019 akan mengalami kenaikan 6 – 7 persen. PDAM Sukoharjo sekarang sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat khususnya pelanggan. Kenaikan tarif air minum terakhir dilakukan PDAM Sukoharjo pada tahun 2015 lalu.

Kabag Administrasi dan Keuangan Retno Wardhani dan Kabag Hubungan Pelangganan PDAM Sukoharjo Bambang, Rabu (05/12/2018) mengatakan, PDAM Sukoharjo sudah menyebarkan leaflat terkait rencana kenaikan tarif air minum sebagai akibat meningkatnya kebutuhan biaya operasional perusahaan serta upaya peningkatan cakupan layanan maka Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 27 Tahun 2015 tentang Tarif Air Minum Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Makmur Kabupaten Sukoharjo sudah tidak sesuai dengan kondisi perusahaan.

Sehubungan dengan hal tersebut dengan berdasar Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 52 Tahun 2018 tanggal 1 Oktober 2018 tentang Tarif Air Minum Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Makmur Kabupaten Sukoharjo maka rekening air bulan Desember 2018 yang dibayarkan pada bulan Januari 2019 diberlakukan tarif baru.

Kenaikan tarif air minum diberlakukan juga mendasar pada Permendagri Nomor 71 Tahun 2016, Perda Kabupaten Sukoharjo Nomor 20 Tahun 2016, Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 52 Tahun 2018. Sebelum diberlakukan kenaikan tarif air minum PDAM Sukoharjo sudah melakukan tahapan kajian dan konsultasi. Hasilnya ditetapkan kenaikan tarif air minum sekitar 6 – 7 persen atau Rp 2.000 per 10 meter kubik.

"Dihitung terakhir naik pada 2015 dan akan diberlakukan kenaikan tarif air minum baru 2019 atau sudah empat tahun lalu. Kenaikan tarif air minum baru terjadi karena memang ada peningkatan biaya operasional," ujarnya.

PDAM Sukoharjo menarget sampai akhir Desember 2018 semua pelanggan sudah mendapatkan sosialisasi soal kenaikan tarif air. Namun apabila masih ada pelanggan yang belum mengetahui maka akan dilayani petugas di kantor dan online melalui call center. (Mam)

BERITA REKOMENDASI