Tebing di Pemukiman Teratas Lereng Merapi Tegalmuyo Longsor

Editor: Agus Sigit

KLATEN, KRjogja.com – Tebing di kawasan pemukiman teratas, Lereng Gunung Merapi, Dukuh Canguk, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, longsor. Di sisi lain, BPBD Klaten melakukan droping air bersih untuk pemenuhan kebutuhan warga terdampak putusnya pipa Sumber Air Bebeng.

Warji, warga RT 21/ RW6 Dukuh Canguk, Jumat (3/12/21) mengemukakan, longsor terjadi antara di titik warung lantai atas Sapuangin dengan panjang sekitar 20 meter dan kedalaman puluhan meter.

Selain itu juga di titik dekat rumah Muji, Dukuh Canguk, dengan panjang sekitar 15 meter dan kedalaman sekitar 15 meter. Akibatnya rumah Muji juga terancam longsor karena tinggal berjarak sekitar 2,5 meter dari tebing yang longsor.

Menurut Warji, longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur kawasan lereng Merapi tersebut dalam beberapa hari terakhir. Untuk antisipasi agar tidak terjadi longsor susulan pada titik yang sama, masyarakat bersama aparat, BPBD, relawan dan berbagai elemen lainya melakukan gotong-royong. Yakni dengan memperkuat tebing dengan karung-karung berisi tanah/pasir.

“Terjadi longsor hari Rabu. Sebelumnya hujan sangat deras, lalu sore hari sekitar pukul 17.00 terjadi bencana tanah longsor di beberapa titik tersebut. Sumur sapuangin juga terkena longsoran sehingga rata dengan jurang,” kata Warji.

BERITA REKOMENDASI