Tekad KPPN Klaten Pertahankan Predikat Sangat Puas Survey Pengguna Layanan

KLATEN, KRJOGJA.com – Sebagai bagian dari unit vertikal Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan sebagai pengelola APBN yang mengemban misi sebagai katalisator reformasi birokrasi di daerah. KPPN Klaten sejak tahun 2007 telah menerapkan sistem layanan cepat, akurat, dengan prosedur sederhana dan tanpa biaya.

Sebagai penguji atas mutu layanan, setiap enam bulan KPPN Klaten mengadakan survey kepuasan layanan dengan responden para pengguna layanan dengan hasil pada semester 2 tahun 2019 kembali memperoleh opini Sangat Puas (skore 4,93 dari rentang 1-5). “Untuk tahun 2020 KPPN Klaten sebagai penyalur Dana Desa juga telah memperoleh apresiasi sebagai KPPN yang mampu mendorong pemerintah daerah untuk percepatan penyaluran Dana Desa,” kata Hary Sutrasno, Humas KPPN Klaten, Rabu (18/3).

Hal ini terbukti, dengan terpilihnya Pemerintah Daerah Kabupaten Boyolali yang telah sukses menyalurkan Dana Desa Tahap I pada bulan Januari 2020, sehingga dinobatkan sebagai pemda tercepat dalam penyaluran Dana Desa tingkat Provinsi Jawa tengah.

Dalam survey yang dilaksanakan, cakupannya meliputi 5 jenis layanan dengan sebaran responden pengguna layanan pada kabupaten Klaten dan Boyolali. Untuk katagori kinerja layanan, Sarana dan prasarana memperoleh skore teringgi yaitu 4,94.
Sedang Rekonsiliasi Laporan Keuangan (Realisasi APBN), memperoleh skore dibawahnya, yaitu 4,92.

Untuk kinerja layanan pencairan dana APBN, kinerja layanan konfirmasi surat setoran penerimaan Negara, dan bimbingan konsultasi masing-masing memperoleh skore 4,93. Sehingga secara rerata, diperoleh skore 4,93 atau masuk katagori sangat puas.

KPPN Klaten bertekad akan terus meningkatkan mutu layanan, dan berkomitmen untuk ikut mendorong satuan-satuan kerja pemerintah, baik pusat dan daerah agar bersama-sama terus memperbaiki layanan demi layanan yang semakin baik kepada publik. Ini dalam rangka sinergi membangun negeri, khususnya di kabupaten Klaten dan Boyolali. (*)

BERITA REKOMENDASI