Tekan Pelanggaran Lalin, Sosialisasi Sembari Bagi Takjil

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI (KRjogja.com) – Upaya mensosialisasikan aturan keselamatan berlalu lintas terus dilakukan Satuan Lantas Polres Boyolali untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan lalin yang berlaku. 

Salah satunya dengan aksi simpatik membagikan takjil pada pengendara yang melintas di depan Mako Satlantas, Jumat (9/6) petang kemarin. ‎Sembari membagikan hidangan berbuka, petugas juga mensosialisasikan aturan-aturan lalin yang sebenarnya sangat mudah dipatuhi, namun kerap diabaikan. Misal memasang sabuk pengaman, mengunci helm, menghidupkan lampu bagi kendaraan roda dua selama berkendara, dan sebagainya. 
Dalam giat tersebut, pengendara yang kedapatan melanggar aturan tersebut tak ditilang, namun diberi sosialisasi dan takjil untuk berbuka. 

Mewakili Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi, Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Marlin Supu Payu mengatakan, pembagian sebanyak 300 takjil tersebut dilakukan sembari sosialisasi, sehingga diharapkan bisa efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan. 
"Kebetulan karena sedang bulan puasa, sosialisasi simpatik dilakukan dengan pembagian takjil‎," katanya. 

‎Selain itu, kegiatan sosialisasi gencar dilakukan, utamanya meningkatkan kepatuhan serta untuk menekan angka kecelakaan. Mulai dari pemasangan spanduk hingga kunjungan ke sekolah-sekolah untuk menanamkan kepatuhan berlalu lintas secara dini. 

Widodo (25), warga Boyolali Kota‎ mengatakan, ia sempat kaget saat polisi menghentikannya dan memasang mengunci sabuk pengaman di helemnya. Bukannya mendapat surat tilang, ia malah diberi takjil. Ia pun diwanti-wanti untuk mematuhi aturan berlalu lintas, terutama untuk melengkapi kaca spion motornya yang hanya satu buah saja. 

"Malu juga kalau ketahuan melanggar," ucapnya. (R-11)‎

BERITA REKOMENDASI