Tekan Pelanggaran, Razia Kendaraan Barang Digencarkan

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Razia kendaraan angkutan barang dan umum semakin digencarkan oleh petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo. Kegiatan dilakukan untuk menertibkan pengemudi agar taat terhadap peraturan lalu lintas. Selain itu sebagai langkah menekan angka kecelakaan.

Kepala Dishub Sukoharjo Djoko Indrianto melalui Kasi Pengendalian Operasi Budi Sutrisno, Jumat (05/05/2017) mengatakan, patroli dilakukan rutin setiap hari disemua wilayah di Sukoharjo. Selain itu juga digencarkan razia kendaraan dengan sasaran angkutan barang dan umum.

Dalam patroli tersebut Dishub Sukoharjo menerjunkan minimal dua personil berkeliling wilayah. Mereka memantau di lapangan untuk melihat kendaraan barang dan umum. Apabila ditemukan pelanggaran secara kasat mata maka petugas langsung melakukan penindakan.

Selain patroli Dishub Sukoharjo juga melakukan razia dengan sasaran kendaraan barang dan umum. Razia dilakukan dengan mengambil disatu lokasi dengan menerjunkan cukup banyak petugas. Sama seperti patroli, dalam razia petugas juga memberikan penindakan terhadap pelaku pelanggaran.

Sasaran petugas dalam kegiatan tersebut seperti muatan barang, kelengkapan surat kendaraan, uji KIR, kepatuhan terhadap peraturan dan rambu lalu lintas. “Dalam kegiatan kami tetap mengedepankan pembinaan. Namun apabila ada temuan pelanggaran berat maka baru diberikan penindakan tegas dari petugas,” ujarnya.

Kedepan untuk semakin menertibkan angkutan kendaraan barang dan umum maka Dishub Sukoharjo berencana mendirikan pos pantau. Lokasinya direncanakan di wilayah Kadilangu, Baki hingga Tugu Lilin Makamhaji, Kartasura. (Mam)

BERITA REKOMENDASI