Temuan Batu di Dukuh Sraten Dipastikan Yoni

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah memastikan batu yang ditemukan warga di Dukuh Sraten RT.03/RW.13, Desa Pucangan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo merupakan Yoni. Kepastian ini terungkap setelah tim dari BP3 Jateng melakukan penelitian, Kamis (18/08/2016) kemarin.

Petugas dari BP3 Jawa Tengah Bagus Ujianto mengatakan, benda purbakala tersebut berupa dahulu digunakan sebagai pemujaan. Selain mengetahui hasil temuan, penelitian ini juga akan digunakan sebagai dasar pengelolaan atau pemeliharaan terhadap benda peninggalan purbakala tersebut.

"Dalam penelitian tersebut BP3 juga melibatkan warga dan pengurus desa dan kecamatan setempat. Mereka perlu mendapatkan penjelasan serta sosialisasi langsung dari petugas,” jelasnya di Sukoharjo, Jumat (19/08/2016).

Petugas BP3 Jawa Tengah juga meminta kepada warga untuk tidak memindahkan benda peninggalan purbakala ke tempat lain. Penempatan benda tersebut tetap harus ditempat kali pertama ditemukan.

Kepala Desa Pucangan Kecamatan Kartasura Budiyanto mengunkapkan, pihak desa akan melakukan perawatan terhadap benda tersebut. Setelah dilakukan penelitian maka pihak desa berpesan kepada warga untuk membantu pengawasan dan perawatan. Hal itu dilakukan agar benda peninggalan purbaka tidak rusak atau hilang. (Mam)

BERITA REKOMENDASI