Terapkan Prokes, Pengunjung Umbul di Klaten Didata

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Para pengunjung obyek wisata air di Klaten wajib didaftar data pribadi secara lengkap. Antara lain nama, alamat beserta nomor hand phone. Hal ini untuk memudahkan penelusuran, apabila ada pengunjung yang terpapar Covid 19.

Pjs Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko saat melakukan pengecekan sejumlah obyek wisata air Jumat (30/10/2020), mengingatkan kepada para pengelola Obwis air untuk mencatat data lengkap pengunjung.

“Data pengunjung ini penting, untuk melacak seandainya nanti ada pengunjung yang positif Covid 19,” kata Sujarwanto.

Pjs Bupati Klaten menjelaskan, pembukaan obyek wisata air di Klaten masih taraf uji coba. Akan dievaluasi secara periodik baik setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan. Jika nanti tidak ada warga yang terpapar virus corona akibat pembukaan obyek wisata air tersebut, maka pembukaan obyek wisata air bisa diteruskan. Namun jika ada warga yang terpapar covid-19 maka akan dievaluasi lagi bahkan bisa ditutup kembali.

Sujarwanto juga meminta para pengelola obyek wisata air agar bersikap tegas menerapkan protokol kesehatan. Yakni setiap pengunjung harus memakai masker, disediakan tempat pendaftaran pengunjung untuk mencatat nama, alamat, nomor HP untuk melacak jika nanti ada pengunjung yang positif covid-19.

Selain itu, pengelola wajib menyediakan masker yang siap dibeli pengunjung jika ada pengunjung tidak memakai masker. Sebelum masuk kolam renang, pengunjung harus mandi dulu, dan disediakan cuci tangan pakai sabun, serta menjaga jarak.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten, DR A P Ir Dwiatmoko, MSi didampingi Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengecek uji coba pembukaan lima lokasi obyek wisata air.

Yakni Umbul Susuhan di Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen. Umbul Pelem di Desa Wunut, Kecamatan Tulung dan Pemandian 100 yang juga berada di Desa Wunut, Kecamatan Tulung. Diumbul Pelem, Pjs Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko mendapati belum adanya tempat pendaftaran pengunjung, sehingga disarankan agar ada tempat pendaftaran pengunjung. Umbul Kemanten di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Obyek Wisata Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo.

Seperti diketahui Gugus Tugas (Gusgas) Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten sejak Kamis, 29 Oktober 2020 sudah menginjinkan obyek wisata tirta dan pemandian sudah mulai membuka usahanya setelah libur sekitar 8 bulan sejak Maret 2020 karena pandemi covid-19. (Sit)

BERITA REKOMENDASI