Tercemar Limbah, Warga Keluhkan Sungai Kemasan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sungai Kemasan di Desa Kemasan, Kecamatan Polokarto diduga tercemar limbah karena air berwarna hitam pekat, berbau menyengat dan mengakibatkan ikan mati. Warga mengeluhkan kondisi tersebut sejak beberapa hari terakhir. Kejadian tersebut sudah dilaporkan warga ke Polsek Polokarto untuk segera ditindaklanjuti.

Warga Kemasan, Polokarto, Suripto, Rabu (26/2) mengatakan, warga dalam beberapa hari terakhir dibuat kaget dengan temuan kondisi air Sungai Kemasan karena berubah warna menjadi hitam pekat. Perubahan warna sebelumnya tidak pernah terjadi. Air sungai semakin parah setelah tercium bau menyengat. Selain itu juga ditemukan ikan di sungai mati. Temuan ikan mati semakin banyak seiring bertambahnya waktu.

Warga curiga kondisi tersebut disebabkan karena diduga tercemar limbah industri. Kecurigaan warga muncul karena sejak lama kondisi air sungai tidak berwarna hitam dan berbau menyengat. Selain itu juga tidak ada temuan ikan mati.

BACA JUGA :

Ikan di Sermo Mati Keracunan Limbah Penjernih Air

Dugaan Pencemaran Limbah Batik, Tunggu Hasil Lab

Dugaan warga juga muncul mengingat tidak jauh dari sungai terdapat industri masih aktif. Meski demikian warga belum bisa memastikan sumber pencemaran air di Sungai Kemasan, Polokarto.

“Air diduga tercemar limbah karena ada temuan perubahan warna hitam pekat. Padahal sebelumnya air berwana biasa. Selain itu juga ada temuan ikan mati di sungai,” ujarnya.

BERITA TERKAIT