Teror Ular Kobra Menjalar ke Sukoharjo

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRjogja.com – Teror ular kobra masih berlanjut di Sukoharjo. Setelah ditemukan di Desa Palur Kecamatan Mojolaban kali ini juga ada temuan di Kelurahan Joho Kecamatan Sukoharjo Kota Desa Telukan Kecamatan Grogol dan Desa Jagan Kecamatan Bendosari.

Kabid Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo Margono, Rabu (25/12/2019) mengatakan, petugas dalam beberapa hari terakhir menangkap lima ekor anak ular kobra yang berkeliaran di dekat pemungkiman penduduk. Ular kobra ditangkap seperti di musala dan rumah warga.

"Ular menjadi bagian dari ekosistem alam jadi ditangkap tetap hidup. Penanganan ular kobra dan jenis lainnya kami lakukan dengan melibatkan pihak lain semisal pecinta satwa. Jangan sampai ular dimatikan dan menggangu ekosistem alam," ujarnya.

Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo melihat fenomena alam teror ular sekarang cukup wajar. Pada kondisi saat ini memang merupakan musim menetas telur ular, anakan ular tersebut kemudian berkeliaran hingga ke perkampungan penduduk.

"Habitat alamnya ular memang ada di dekat manusia seperti di sawah, pekarangan dan perkebunan. Apabila warga melihat ada ular maka jangan panik dan segera laporkan ke petugas untuk membantu evakuasi," lanjutnya.

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo menambahkan, Satpol PP Sukoharjo dalam hal ini didalamnya ada Bidang Pemadam Kebakaran telah menyiapkan pasukan khusus menangani hewan berbahaya. Petugas tidak hanya menangkap ular saja, namun juga tawon bahkan kera liar. (Mam)

BERITA REKOMENDASI