Terus Naik, 42 Kasus ODGJ Kini Ditangani Dinsos Boyolali

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Tim reaksi cepat Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Boyolali, melakukan penjemputan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berada di Desa Karanganyar, Kecamatan Tamansari. Penindakan diambil karena laporan warga yang resah atas keberadaan ODGJ tersebut sehingga perlu dievakuasi. Warga merasa terganggu dengan keberadaan pasien ODGJ tersebut karena dinilai sudah merugikan salah satu warga di Dukuh Setro, Desa Karanganyar bernama Sukini yang sudah tidak diurus lagi oleh keluarganya.

Kepala Disos Kabupaten Boyolali, Ahmad Gojali mengatakan bahwa tugas pokok dan fungsi Dinsos sebenarnya adalah rehabsos setelah keluar dari rumah sakit jiwa. Sedangkan untuk penjemputan sebenarnya merupakan ranah Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, namun karena keterbatasan mobilitas dan sumber daya manusia sehingga Dinsos membantu melakukan penjemputan. Setelah dilakukan penjemputan maka akan dilakukan penaksiran apakah orang tersebut akan dikirim ke rumah sakit jiwa atau rumah singgah milik Dinsos Kabupaten Boyolali.

“Setelah dilakukan penjemputan ada dua metode yang dilakukan, bagi ODGJ yang temperamen akan dikirim ke rumah sakit jiwa, tetapi untuk ODGJ yang tidak temperamen akan dikirim ke rumah singgah milik Dinsos,” ujar Gojali, Jumat (12/3/2021) kemarin.

BERITA REKOMENDASI