Tiga ATCS Dipasang di Sukoharjo

SUKOHARJO, KRjogja.com – Area Traffic Control System (ATCS) secara bertahap mulai dipasang di Sukoharjo. Total sudah ada tiga ATCS dipasang dan diharapkan mampu membantu petugas dalam mengatur lalulintas. Lokasi lainnya akan dilakukan pemasangan serupa menunggu kesiapan anggaran.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Joko Waluyo, Senin (18/9/2017) mengatakan, ATCS sudah dipasang di proliman Sukoharjo Kota, bundaran Pandawa Grogol, simpang empat The Park Mall Solobaru Grogol. Pemasangan ATCS dilakukan dilokasi tersebut karena berbagai pertimbangan salah satunya sebagai titik padat kendaraan. Selain itu juga faktor kewilayahan mengingat jalan tersebut menjadi kewenangan Pemkab Sukoharjo.

“ATCS itu merupakan trafficlight model baru. Kontrol pengaturan dilakukan petugas dari dalam ruangan di kantor dan tidak perlu direpotkan ke lapangan,” ujar Joko Waluyo.

Pemasangan ATCS di tiga lokasi sudah dilakukan sejak sekitar satu bulan. Usai dipasang, Dishub Sukoharjo melakukan pemantauan dengan melihat kondisi di lapangan. Hasilnya cukup efektif membantu dalam pangaturan lalu lintas.

Dishub Sukoharjo setelah ini akan kembali melakukan pemasangan ATCS disejumlah lokasi. Salah satunya di Jalan Solo – Jogja di wilayah Kecamatan Kartasura. Tempat tersebut dipilih karena menjadi titik padat kendaraan menghubungkan lintas kabupaten kota dan provinsi.

Sebelum dilakukan pemasangan Dishub Sukoharjo perlu melakukan survei lapangan. Selain itu juga berkaitan dengan kesiapan anggaran. Sebab butuh biaya besar untuk membeli atau pengadaan ATCS.

“Jalan Solo – Jogja kami usulkan untuk dipasang ATCS. Tapi itu kewenangan pusat bukan kami. Jadi kami mengusulkan ke pusat untuk dilakukan pemasangan,” lanjutnya.

Pemasangan ATCS juga direncanakan akan dipasang di simpang empat Carikan, Sukoharjo Kota dan Bulakrejo, Sukoharjo Kota. Kedua lokasi dipilih karena berada di tengah kota dan pusat keramaian.

“Untuk pemasangan di dua lokasi itu rencananya ada bantuan dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” lanjutnya.(Mam)

BERITA REKOMENDASI