Tiga Miniatur Keajaiban Dunia Hadir di Boyolali

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Taman tiga menara, yakni miniatur Patung Liberty, Menara Eifel, serta Menara Pisa, yang berada di Bundaran Asrikanto, Boyolali Kota, diresmikan Bupati Boyolali, Seno Samodro, Kamis (25/10) malam. Sebagai ruang publik, taman tersebut diharapkan mampu menjadi magnet wisatawan untuk mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar.

‎Ketiga miniatur keajaiban dunia yang berjejeran tersebut terbuat dari keramik, dibuat dengan detail yang presisi oleh seniman lokal . Miniatur Eifel dibuat seringg dua belas meter, Menara Pisa tujuh meter dan Patung Liberty setinggi enam meter.  Selain tiga ikon tersebut, secara bersamaan pula diresmikan dua monumen ikonik bercorak lokal, yakni Tumpeng Merapi, berupa monumen futuristik berbentuk kerucut serta Monumen Susu Murni, berupa botol yang menuangkan susu.

"Miniatur tiga menara dari tiga benua‎. Semoga bisa nendorong masyarakat Boyolali makin kreatif," kata Bupati saat peresmian.

Seiring pembangunan berbagai ruang publik seperti taman serta berbagai monumen lain dalam beberapa tahun terakhir, Kota Boyolali makin sering disinggahi pelancong yang mendorong aktivitas ekonomi masyarakat. Namun Seno berpesan agar pelaku ekonomi tetap tertib.

Khusus di Taman Tiga Menara, sebutnya, ia tak melarang aktivitas perdagangan. ‎Namun ia berharap tak ada lapak permanen. Sebab taman tersebut dibuat sesuai peruntukannya, yakni ruang publik terbuka. "Boleh jualan tapi jangan ada lapak dan tetap menjaga kebersihan,"

Selain mendorong pariwisata, ikon-ikon serta makin banyaknya ruang publik tersebut diharapkan bisa membuat makin nyaman dikunjungi dan ditinggali. Secara langsung, hal tersebut akan memutar roda ekonomu dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Boyolali sudah mendapat Piala Adipura selama dua belas kali berturut-turut. Kalau tahun ini juga dapat, maka akan menjadi yang ke tiga belas kali secara berurutan," pungkasnya. (Gal)

 

 

BERITA REKOMENDASI