Tiga OPD Percontohan Klaten Zona Integritas

KLATEN, KRJOGJA.com – Tiga organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai percontohan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBBM). 

Masing-masing adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras. 

Pencanangan dilakukan di Taman Lampion, Bareng Lor, Klaten Utara, Rabu (7/8/2019), ditandai dengan penandangan komitmen di atas kain banner dan pelepasan burung merpati oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, didampingi Pelaksana Tugas Inpekstorat Purwanto Anggono Cipto, Kepala Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan Wilayah Yogyakarta Slamet Tulus Wahyana dan Kepala Perwakilan Ombudsmen Jawa Tengah Siti Farida. 

“Dengan pencanangan Klaten Zona Integritas ini harus ada perbaikan-perbaikan nyata. Lakukan pelayanan publik secara profesional, cepat, tepat dan bebas korupsi. Saya memerintahkan Kepala DSPMPTSP untuk perijinan yang masih di wilayah kewenangan bupati agar dilimpahkan ke OPD dan segera disusun peraturan bupatinya. Saya mengakui ceriwis. Hal-hal kecil memang diperhatikan, biar pun sekedar tempat yang kotor. Tapi itu untuk kebaikan,” kata Sri Mulyani.

Ditambahkan, pemberantasan korupsi dimulai dari diri sendiri, lalu dikembangkan di lingkungannya sendiri. Target tahun depan Klaten bisa mempertahankan predikat laporan keuangan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP). Selain itu juga berupaya bisa meraih Adipura.

Plt Inspektorat sekaligus Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Purwanto Anggono Cipto memaparkan agar seluruh ASN Klaten menjunjung tinggi integritas.

“Pencanangan tiga OPD percontohan zona integritas diharapkan menjadi pilot project yang  diikuti OPD lainnya. Zona integritas ini menjadi bagian reformasi birokrasi pemerintah sekaligus model dalam pemberantasan korupsi di Kabupaten Klaten. Maka birokrasi ini jangan dinodai dengan perbuatan ASN tidak terpuji. Bagi semua pejabat sekretaris OPD masing-masing untuk menjadi penggerak mewujudkan zona integritas di instansinya sendiri,” kata Purwanto.(Sit)

BERITA REKOMENDASI