Tim Gabungan Amankan 591 Rokok Ilegal di Klaten

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Tim gabungan Satpol PP, TNI, Polri, Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Klaten, serta Bea Cukai Solo menggelar operasi pemberantasan barang kena cukai ilegal, Kamis (27/08/2020). Petugas berhasil mengamankan 591 bungkus rokok ilegal berbagai merek.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Satpol PP Klaten, Rabiman, mengatakan, operasi pemberantasan barang kena cukai rutin dilakukan di wilayah Kabupaten Klaten. Pada kegiatan kali ini sasarannya di wilayah Kecamatan Jatinom, Kalikotes, dan Ceper.

“Pada operasi kali ini kami berhasil mengamankan barang bukti sejumlah 591 bungkus rokok ilegal dari berbagai merek. Selanjutnya barang bukti diserahkannya ke bea cukai Solo guna tindak lanjut,” ujarnya.

Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan, Disdagkop dan UKM Klaten, Dewi Wismaningsih, mengatakan, peredaran rokok yang dijual dipasaran dengan berbagai merek dan jenis berpotensi adanya penyimpangan yang tentunya bertentangan dengan undang-undang cukai. Misalnya, rokok ilegal baik yang tanpa melekatkan pita cukai yang sah ataupun dengan sengaja melekatkan pita cukai palsu.

“Perlu adanya tindakan pengawasan guna mengurangi merebaknya penualan rokok ilegal. Seperti dalam undang-undang cukai secara jelas menekankan bahwa untuk pelaku usaha maupun konsumen pengguna apabila melanggar ketentuan terdapat sanksi yang tegas,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI