TKA di Sukoharjo Diminta Tidak Pulang ke Negara Asal

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Mobilitas tenaga kerja asing (TKA) dan pekerja migran Indonesia (PMI) yang melakukan perjalanan dari luar negeri masuk ke Kabupaten Sukoharjo diawasi ketat. TKA yang sudah bekerja di Sukoharjo juga diminta tidak pulang ke negara asal menjelang libur perayaan Imlek. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi penyebaran virus Corona varian Omicron.

“TKA ini terdaftar resmi bekerja di Sukoharjo. Mobilitas mereka keluar atau pergi antar negara pada kondisi sekarang memang menurun. Tapi melihat perkembangan kasus penyebaran virus Corona ada varian baru Omicron maka kami imbau TKA tidak pulang ke negara asal dulu,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Sukoharjo Agustinus Setiyono, Sabtu (15/01/2022).

Disperinaker Sukoharjo juga melakukan pengetatan pengawasan terhadap PMI. Diketahui ada warga asal Kabupaten Sukoharjo bekerja di luar negeri. Mereka diminta tidak pulang ke kampung halamannya lebih dulu sebagai antisipasi penyebaran virus Corona varian baru Omicron.

Apabila nanti tetap ada PMI yang pulang kampung dan masuk wilayah Kabupaten Sukoharjo, Disperinaker Sukoharjo meminta dilakukan pemeriksaan secara ketat oleh pemerintah pusat sejak masuk di bandara. PMI tersebut juga wajib diperiksa kondisi kesehatannya dan melakukan karantina mandiri.

“Tidak hanya TKA saja, tapi juga PMI kami imbau tidak mudik dulu. Sebab ancaman virus Corona varian baru Omicron sangat besar. Antisipasi kami lakukan agar virus tidak masuk ke Sukoharjo,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI