TNI Hijaukan Hutan Merapi-Merbabu

BOYOLALI (KRjogja.com) – Kawasan hutan Merapi – Merbabu ditanami ribuan pohon buah oleh personel Korem 074/Warastratama, Kodim 0724/Boyolali, dibantu masyarakat setempat serta ratusan pelajar di Desa Clunthang, Kecamatan Musuk, Jumat (11/11/2016). Selain untuk penghijauan, penanaman tersebut untuk menyediakan sumber makanan bagi kera sehingga mereka tidak turun ke pemukiman dan ladang warga. 

Danrem Warastratama, Kolonel Inf Maruli Simanjuntak‎ menjelaskan, untuk upaya penghijauan di kawasan Merapi-Merbabu, pihaknya sudah menginstruksikan jajaran di bawah komandonya untuk melakukan penanaman pohon di kawasan tersebut secara rutin. Penanaman akan dilakukan pada awal minggu pertama dan ke empat tiap bulan. 

‎Menurutnya, dalam jangka panjang penghijauan dengan tanaman buah ini akan mempunyai banyak manfaat. Selain mencegah longsor serta untuk menyimpan air tanah, nantinya masyarakat juga bisa dimanfaatkan buah-buahan bila tanaman yang ditanam sudah bisa dipanen. Tanaman buah tersebut diharapkan juga mencegah kawanan kera turun ke pemukiman dan ladang sebab makanan di habitat mereka sudah habis. ‎(R-11)

BERITA REKOMENDASI