Toko Modern di Sukoharjo Bertahap Ditutup

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Satu toko modern dipastikan akan tutup sampai akhir Desember 2017 ini. Di Sukoharjo total masih ada sekitar 200 toko modern berdiri dan secara bertahap akan tutup semua maskimal sampai akhir 2021. Pasalnya Pemkab Sukoharjo masih menerapkan moratorium izin toko modern sampai 2018 mendatang. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sukoharjo Agustinus Setiyono, Minggu (10/12/2017) mengatakan, satu toko modern yang tutup berada di wilayah Kecamatan Gatak. Penutupan harus dilakukan oleh pemilik toko modern sendiri. Apabila tidak maka petugas dari tim gabungan akan melakukan penutupan paksa. Penutupan dilakukan karena izin usaha toko modern sudah habis. 

Pemkab Sukoharjo sejak tahun 2016 lalu secara bertahap sudah melakukan penutupan toko modern. Hal itu dilakukan karena toko modern tersebut tidak memiliki izin resmi. Selain itu ada beberapa diantaranya melakukan pelanggaran perizinan dimana izin yang dimiliki hanya toko tradisional tapi justru membuka toko modern. 

Kebijakan moratorium kemudian dikeluarkan Pemkab Sukoharjo dengan tidak mengeluarkan izin pendirian toko modern sampai tahun 2018. Pemkab Sukoharjo hanya mengizinkan pendirian toko tradisional atau kelontong saja. 

“Desember 2017 ini ada satu toko modern tutup. Sedangkan tahun 2018 mendatang diperkirakan ada sekitar 10 – 20 toko modern tutup. Total sampai sekarang masih ada sekitar 200 toko modern disejumlah wilayah di Sukoharjo,” ujar Agustinus Setiyono.

Diperkirakan sebanyak 200 toko modern tersebut akan tutup semua sampai akhir 2021. Hal itu sesuai dengan izin usaha yang dimiliki maksimal selama lima tahun. Izin tersebut dikantongi pemilik usaha toko modern pada 2016 lalu.

“Izin terakhir dikeluarkan pada tahun 2016 dan logikanya 200 toko modern akan tutup semua pada 2021 atau lama izin usaha maksimal lima tahun. Dengan demikian setelah tahun 2021 di Sukoharjo sudah tidak ada lagi toko modern. Tapi dengan catatan moratorium diperpanjang karena akan habis pada tahun 2018 mendatang,” lanjutnya.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sukoharjo masih menunggu kebijakan resmi dari Pemkab Sukoharjo. Hal itu berkaitan dengan status moratorium pendirian toko modern apakah diperpanjang atau tidak.

“Kalau diperpanjang maka terus ada larangan pendirian toko modern. Tapi kalau direvisi maka bisa saja pada tahun 2018 ada izin pendirian toko modern dikeluarkan. Kami masih menunggu kebijakan resmi Pemkab Sukoharjo,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI