TPA Mojorejo Terbakar

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Kebakaran terjadi disebuah lahan tebu di Desa Mojorejo, Kecamatan Bendosari. Dalam kejadian tersebut api merembet ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang posisinya bersebelahan. Kejadian tersebut membuat panik karena besarnya api serta adanya jaringan pipa gas metan. Petugas akhirnya berhasil memadamkan api setelah menerjunkan empat unit mobil pemadam kebakaran.

Kepala UPTD Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Dwi Yulianto, Rabu (24/7) mengatakan, kebakaran awalnya terjadi sekitar pukul 11.00 WIB disebuah lahan tebu disebelah TPA Mojorejo, Bendosari. Tidak jauh dari lokasi kebakaran juga terdapat bangunan berupa Balai Desa Mojorejo, Kecamatan Bendosari.

Kondisi lahan tebu yang banyak terdapat daun kering dan kencangnya hembusan angin membuat api dengan cepat membesar. Selain itu asap hitam pekat juga terlihat sehingga membuat panik petugas dan warga sekitar.

Diduga akibat hembusan angin kencang membuat daun tebu kering yang terbakar terbang terbawa hingga jatuh ke TPA Mojorejo, Bendosari. Akibatnya tumpukan sampah ikut terbakar. Selain itu kebakaran juga diduga karena posisi antara lahan tebu yang terbakar dengan TPA Mojorejo, Bendosari bersebelahan sehingga memudahkan api merembet.

Kepanikan petugas dan warga semakin menjadi karena besarnya api yang membakar TPA Mojorejo, Bendosari. Sebab dilokasi tersebut terdapat jaringan pipa gas metan. Hal itu dikhawatirkan bisa membahayakan.

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke petugas Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo. Selang tidak lama mobil pemadam kebakaran datang dan langsung melakukan pemadaman api.

"Beruntung api tidak sampai mengenai dan menyebabkan kerusakan jaringan pipa gas metan di TPA Mojorejo, Bendosari," ujarnya.

Pada saat kejadian warga bersama petugas di TPA Mojorejo, Bendosari ikut membantu pemadaman menggunakan alat seadanya. Api akhirnya berhasil dipadamkan setelah ada bantuan empat mobil pemadam kebakaran datang.

Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo, Margono mengatakan, untuk pemadaman api yang membakar TPA dikerahkan empat armada pemadam kebakaran ke lokasi. Dibutuhkan ketelitian dalam pemadaman api yang membakar sampah di TPA Mojorejo, Bendosari. Pasalnya, sampah yang ada menumpuk dan jika sudah membakar sampah lapisan dalam akan sulit dipadamkan.

"Awal kejadian kebakaran di lahan tebu sekitar pukul 10.15 WIB dan kemudian merembet ke TPA Mojorejo, Bendosari yang lokasinya bersebelahan. Api berhasil padam dan petugas sudah ditarik dari lokasi. Namun sekitar pukul 14.00 WIB api kembali muncul dan membakar TPA Mojorejo, Bendosari," ujarnya.

Satpol PP Sukoharjo begitu mendapat laporan kebakaran kembali terjadi di TPA Mojorejo, Bendosari maka langsung kembali mengirimkan empat unit mobil pemadam kebakaran beserta petugas. Kesiapsiagaan petugas membuat api kembali padam setelah dilakukan penyemprotan air berulang kali. Setelah api padam petugas tidak langsung meninggalkan lokasi namun terlebih dahulu memastikan kondisi terakhir sudah aman.

Mobil pemadam kebakaran juga masih disiagakan di TPA Mojorejo, Bendosari sebagai antisipasi kembali munculnya api. Kewaspadan dilakukan petugas karena kondisi disekitar lokasi dalam keadaan kering sehingga rawan memicu kebakaran.

"Tetap disiagakan petugas dan mobil pemadam kebakaran di TPA Mojorejo, Bendosari sebab disana tadi sudah ada kebakaran pertama kemudian api padam dan selang tidak lama menyala lagi. Kami khawatir api kembali menyala karena kondisi dilokasi kering akibat kemarau penjang," lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI