TPS Harus Aksesibel Terhadap Penyandang Disabilitas

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten melakukan sosialisasi kepada kelompok-kelompok marjinal dan juga ke daerah terpencil.

Ketua KPU Klaten Kartika Sari Handayani, dan Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumberdaya Manusia, Wandyo Supriyatno, Kamis (15/10) mengemukakan, sudah melakukan sosialisasi pada difabel. Hal ini dinilai sangat penting dilakukan, karena terkait dengan pembuatan TPS yang aksesibel.

“Tentunya harus memfasilitasi teman-teman difabel. Kami minta data difabel dimana saja, agar kami bisa menentukan pembuatan TPS yang aksesibel untuk difabel,” kata Kartika Sari Handayani.

Selain itu, juga telah dirancang sosialisasi di tempat terpencil, yakni di wilayah Gantiwarno, dan di Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang.

Terkait kampanye, Wandyo Supriyatno mengemukakan, penyebaran bahan kampanye kepada umum boleh dilakukan pasangan calon, dimanapun, sepanjang tempat itu tidak dilarang. Tempattempat yang dilarang adalah, faislitas kesehatan, fasilitas ibadah, fasilitas pendidikan dan gedung-gedung pemerintah. “Paslon datang ke rumah penduduk bagi – bagi masker boleh saja.

BERITA REKOMENDASI