Tunggu PPDB Offline, KBM Tetap Jalan Meski Kuota Siswa Baru Belum Terpenuhi

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah pada tahun ajaran baru 2022/2023 tetap akan dijalankan meski nantinya masih ada sekolah belum mampu memenuhi kuota siswa baru hingga penutupan penerimaan peserta didik baru (PPDB) offline digelar. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo terus memantau kondisi 27 SMP negeri dan swasta yang hingga penutupan PPDB online belum mampu memenuhi kuota siswa baru hingga diperpanjang membuka PPDB offline.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo Warsini, Minggu (26/6) mengatakan, Disdikbud Sukoharjo terus memantau 27 SMP negeri dan swasta yang belum mampu memenuhi kuota siswa baru hingga penutupan PPDB online 22 Juni lalu. Pihak sekolah sudah mendapat kesempatan membuka PPDB offline mulai 23 Juni. Sekolah tersebut secara perlahan sudah menerima calon siswa baru. Hal ini berdampak pada penambahan pendaftar dan diharapkan kuota siswa baru dapat terpenuhi secepatnya.

Disdikbud Sukoharjo berharap sebanyak 27 SMP negeri dan swasta tersebut semuanya mampu memenuhi kuota siswa baru pada tahun ajaran baru 2022/2023. Namun apabila tidak maka sekolah tetap akan melaksanakan kegiatan KBM dengan jumlah siswa yang ada.

“Kami masih memantau dan menunggu hingga penutupan PPDB offline. Pada hari pertama sekolah tahun ajaran baru 2022/2023 apabila masih ada sekolah belum mampu memenuhi kuota siswa baru maka KBM tetap berjalan dengan kondisi siswa yang ada. Harapannya semua kuota dapat terpenuhi,” ujarnya.

Disdikbud Sukoharjo sudah berkoordinasi dengan 27 kepala SMP negeri dan swasta yang belum mampu memenuhi kuota siswa baru. Hal ini berkaitan dengan pelaksanaan PPDB offline dan persiapan KBM tahun ajaran baru 2022/2023.

“Sebanyak 27 SMP negeri dan swasta yang sekarang membuka PPDB offline apabila ada sekolah sudah mampu memenuhi jumlah kuota maka harus segera menutup PPDB dan persiapan KBM. Apabila sekolah belum memenuhi kuota siswa baru maka dipersilahkan tetap membuka PPDB offline,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI