Tuntut Pindah, Warga Gamping Joho Keluhkan Pencemaran Limbah Pabrik

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Warga Gamping, Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo Kota mengeluhkan limbah pabrik plastik. Warga menuntut pada pemilik pabrik untuk memindah lokasi atau menutup usahanya. Tuntutan diajukan karena sudah muncul pencemaran dan merugikan warga sejak 5 tahun lalu sampai sekarang.

Perwakilan warga Gamping, Joho, Sukoharjo Kota, Adi Darmadi, Hartanto, Maryanto ditemui saat mengadukan masalah di gedung DPRD Sukoharjo, Rabu (26/9/2018) mengatakan, warga mengeluhkan aktifitas pabrik plastik karena terjadi pencemaran yang sangat mengganggu. Bentuk pencemaran berupa suara bising, asap hitam dan air keruh. Warga sejak awal sebenarnya sudah mengeluhkan keberadaan pabrik plastik karena letaknya berada di dekat permukiman padat penduduk. Bahkan bangunan pabrik juga menempel tembok rumah salah satu warga.

Keluhan warga sudah sejak lama disampaikan ke pengurus RT/RW dan Kelurahan Joho. Bahkan karena sudah semakin membuat resah maka warga juga mengadukannya ke DPRD dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo.

"Pabrik plastik yang dikeluhkan warga sudah lama beroperasi 5 tahun lalu sampai sekarang. Setiap hari beroperasi 24 jam tanpa henti dan menimbulkan pencemaran suara, asap dan air," ujarnya.

Perwakilan warga juga sudah pernah bertemu dengan pemilik pabrik untuk menyampaikan keluhan. Hasilnya pihak pemilik pabrik meminta keringanan agar tetap beroperasi sampai izin yang dimiliki habis lebih dulu.

"Itu pertemuan dulu sudah lama. Perkembangan sekarang katanya mau ada mediasi lagi difasilitasi pengurus RT pada September ini. Tapi sampai sekarang kok belum terlaksana," lanjutnya.

Warga sangat berharap mediasi yang direncanakan tersebut bisa segera terlaksana. Sebab keluhan limbah pabrik sudah lama meresahkan warga sejak 5 tahun lalu sampai sekarang.

Warga Gamping, Joho, Sukoharjo Kota Hartanto menambahkan, pencemaran yang dikeluhkan warga meliputi tiga hal. Pertama pencemaran suara karena pabrik saat beroperasi menimbulkan suara bising, kedua pencemaran udara karena ada bekas sisa pembakaran atau produksi pabrik plastik berupa noda hitam dan pencemaran ketiga air karena keruh dan berbau menyengat.

"Warga sudah bulat mengajukan tuntutan agar pabrik plastik yang membuat pencemaran segera pindah lokasi atau tutup," lanjutnya.

Pengurus LSM Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup (MPLH) Sukoharjo Joko Cahyono mengatakan, sudah mendapatkan keluhan soal pencemaran limbah pabrik plastik dari warga Gamping, Joho, Sukoharjo Kota. MPLH Sukoharjo akan memberikan pendampingan kepada warga mengingat dampak yang dirasakan sudah berlangsung sejak lama.

"Kami akan bantu menyampaikan keluhan warga Gamping, Joho, Sukoharjo Kota ke DPRD dan Dinas Lingkungan Hidup Sukoharjo. Selain itu juga akan kami cek berkaitan perizinan pabrik plastik yang dikeluhkan mengingat keberadaan bangunan pabrik sangat dekat dengan rumah dan pemukiman padat penduduk," ujarnya.

Lurah Joho, Sukoharjo Kota Wisnu Pramudya Wardhana mengatakan, pabrik plastik berdiri sudah 5 tahun lebih. Warga sudah menyampaikan keluhan berkaitan dengan dampak keberadaan pabrik plastik yang menimbulkan pencemaran. 

Keluhan disampaikan warga baik secara lisan maupun tertulis dalam bentuk surat peryataan. Surat ditujukan seperti ke Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo Kota, Dinas Lingkungan Hidup, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan Kabupaten dan lainnya.

Surat keluhan dari warga pernah mendapat respon dari Pemkab Sukoharjo dengan menindaklanjuti pengecekan ke lokasi. Dalam kegiatan tersebut melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Saat pengecekan itu juga pihak Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo Kota ikut dilibatkan. Namun mengenai hasilnya sampai sekarang belum diketahui.

"Pada dasarnya keluhan warga soal pencemaran limbah atas keberadaan pabrik plastik seperti suara bising, asap hitam, udara, air dan lainnya sudah ditindaklanjuti Pemkab Sukoharjo dengan menerjunkan sejumlah OPD terkait dalam pengecekan bersama. Tapi kami sampai sekarang belum tahu hasilnya," ujarnya.

Pemerintah Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo Kota tetap akan menerima apabila masih ada warga yang mengeluhkan pencemaran dampak pabrik plastik. "Perwakilan warga Gamping, Joho sudah menyampaikan ke kami ingin bertemu mengeluhkan masalah tersebut," lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI