TWC Adakan Padat Karya Tunai di Desa Kemudo

KLATEN, KRJOGJA.com –  PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) melalui Program Kemitraan & Bina Lingkungan (PKBL) kembali menggelar program  padat karya tunai (PKT).  Kali ini program PKT di lakukan di Desa Kemudo Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten, Minggu (16/9). Sebelumnya Program PKT dilakukan di Kompleks Taman Wisata Candi Sojiwan.

Direktur Pemasaran & Layanan  Ricky SP Siahaan didampingi Sekretaris PT TWC Ahmad Muchlis dan Manager PKBL Bambang Sarwo Edi mengatakan, program padat karya tunai ini melibatkan sekiytar 300  warga sekitar Desa Kemudo. Kegiatan padat karya berupa pembenahan, pembersihan dan pembangunan lingkungan di Desa Kemudo, serta penanaman pohon anggur. 

Program PKT ini juga merupakan program lanjutan yang di lakukan oleh  PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko sebelumnya, yaitu program pemberdayaan masyarakat optimalisasi lahan pekarangan.

Pelaksanaan program padat karya tunai di Desa Kemudo berupa pelebaran jalan dan pembuatan talud, serta pemanfaatan lahan untuk budidaya tanaman anggur. Dengan adanya pelebaran jalan akan memudahkan akses menuju desa. Sedangkan bertanam anggur merupakan usaha yang akan dirintis agar dapat menjadi sumber penghidupan  dan memberikan ruang pekerjaan baru bagi masyarakat.

"Mengangkat ekonomi lokal merupakan cara pertama sebelum menyentuh sektor pariwisata. Konsep pengembangan desa wisata adalah dengan mendorong sektor ekonomi. Jika Ekonomi sudah berjalan, maka desa mempunyai pendapatan," katanya. (Sit)

 Budidaya tanaman anggur ini hasil riset yang dilakukan oleh warga Kemudo. Kita realisasikan setelah program pemberdayaan masyarakat optimalisasi lahan pekarangan yang lalu berjalan. Dengan demikian program PKT kita terjadi kesinambungan atau sustainability,” kata  Ricky SP Siahaan.

Lebih lanjut dijelaskan, PKT tesebut salah satu bentuk nyata BUMN hadir untuk negeri yang dilakukan oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko. Sebagai  kepedulian dan komitmen untuk terus mendorong akselerasi pertumbuhan perekonomian desa. Selain itu juga mendukung percepatan pengentasan kemiskinan dengan memberikan manfaat pada warga Desa Kemudo agar menjadi desa yang mandiri dan unggul. (Sit)

 

BERITA REKOMENDASI