UAD-IPM Klaten Adakan Mitigasi Perkawinan Anak

KLATEN, KRJOGJA.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan Pimpinan Daerah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Klaten menyelenggarakan kegiatan bersama bertajuk ‘Mitigasi Perkawinan Anak di Masa Pandemi Melalui Sekolah Pra Nikah Bagi PD IPM Kabupaten Klaten’.

Kegiatan diselanggarakan 29-30 Mei 2021 di SMK Muhammadiyah Klaten Utara melibatkan Pimpinan Daerah, Cabang dan Ranting IPM se-Klaten. Adapun pemateri dari UAD Muhammad Habibi Miftakhul Marwa, Fauzan Muhammadi, dan Muhammad Nur Syuhada’. Selain itu Dina Mariani dan Agustina Iriyanti dari IPM Klaten.

Ketua Tim Pengabdian UAD, Muhammad Habibi Miftakhul Marwa menyatakan pada semester pertama tahun 2019 angka permohonan dispensasi nikah (pernikahan anak) di Pengadilan Agama Klaten mencapai 62 perkara yang kebanyakan karena hamil di luar nikah akibat pergaulan bebas. Perkawinan anak berdampak terhadap pelanggaran hak pendidikan, kesehatan, eksploitasi anak, dan rawan terjadi kekerasan dalam rumah tangga.

BERITA REKOMENDASI