UMKM Jadi Tumpuan Masyarakat Ditengah Pandemi Corona

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pertumbuhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sukoharjo selama pandemi virus corona diperkirakan naik sekitar diatas 10 persen dari kondisi normal sebelumnya. Hal itu terjadi karena banyak masyarakat beralih profesi membuka usaha sendiri. Pendampingan akan terus diberikan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo agar usaha mereka tetap bisa berkembang.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Rabu (16/9/2020), mengatakan, pihaknya melihat ada fenomena baru ditengah pandemi virus corona dimana banyak masyarakat memilih membuka usaha sendiri. Hal itu dilakukan karena terpengaruh terpuruknya ekonomi ditengah pandemi virus corona. Dampak dari kondisi tersebut menyebabkan banyak terjadi kasus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Dalam kondisi tersebut masyarakat tetap dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan ekonominya sendiri. Berbagai usaha dilakukan termasuk menjadi pelaku UMKM. Sektor usaha yang banyak dipilih seperti warung makan, kerajinan dan lainnya.

“Sektor UMKM banyak bergerak dibidang usaha dan ada fenomena dimana ditengah pandemi virus corona sekarang pertumbuhannya sekitar 10 persen. Banyak orang yang tadinya pegawai kantor atau buruh pabrik terkena PHK kemudian memilih membuka usaha sendiri dengan membuka warung makan, usaha olahan makanan dan minuman dan usaha lainnya,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI