UMKM Sukoharjo Antusiasi Ikut Program BPUM Tahap 2

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sukoharjo sudah mendaftarkan diri dalam program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) tahap 2 dari pemerintah pusat sebesar Rp 2,4 juta. Hal tersebut diketahui setelah Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo melakukan pemantauan proses pendaftaran secara online. Jumlah pendaftar dimungkinkan masih bertambah mengingat penutupan dilakukan 26 November mendatang.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Minggu (18/10), mengatakan, antusias pelaku UMKM mendaftar untuk mendapat bantuan modal dalam program BPUM tahap 2 dari pemerintah pusat sangat besar. Sebab banyak pelaku UMKM di Sukoharjo sekarang sangat membutuhkan bantuan modal usaha ditengah pandemi virus corona.

Jumlah pendaftar BPUM tahap 2 dipekirakan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo sudah mencapai ratusan UMKM. Jumlah pendaftar kemungkinan besar masih bisa bertambah mengingat penutupan baru akan dilakukan pada 26 November mendatang.

“Sekarang baru ada sekitar ratusan, kami perkirakan bisa tembus ribuan bahkan puluhan ribu UMKM. Sebab sekarang baru sepuluh hari berjalan setelah pendaftaran tahap 2 dibuka 8 Oktober lalu,” ujarnya.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo terus memantau perkembangan pendaftaran progam bantuan dari pusat. Disisi lain petugas juga memperbanyak kegiatan sosialisasi dan penyebaran informasi kepada pelaku UMKM terkait bantuan modal usaha sebesar Rp 2,4 juta dari pemerintah pusat.

“Kami libatkan juga pemerintah desa, kelurahan dan kecamatan membantu memberikan informasi ke pelaku UMKM di wilayahnya masing masing. Segera mendaftar karena bantuan modal usaha ini sangat diharapkan pelaku UMKM,” lanjutnya.

 

Sutarmo menambahkan, Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo sudah mendapat kejelasan dari pemerintah pusat membuka kembali bantuan bagi pelaku UMKM. Pendaftaran secara online saat ini sudah bisa dilayani.

Pembukaan kembali program bantuan stimulus modal usaha bagi pelaku UMKM di Sukoharjo dikatakan Sutarmo sangat melegakan. Sebab BPUM tersebut sebelumnya sudah ditutup pendaftarannya oleh pemerintah pusat pada 14 September lalu.

Data dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo diketahui pada tahap 1 total UMKM di Sukoharjo yang mengajukan stimulus modal usaha sebesar Rp 2,4 juta sebanyak 101.747 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 10 ribu lebih pelaku UMKM sudah mendapat pencairan stimulus modal usaha melalui bank yang ditunjuk pemerintah pusat. Selain itu masih ada beberapa pelaku UMKM juga masih melakukan proses pencairan modal usaha. (Mam)

BERITA REKOMENDASI