Unwidha Produksi Hand Sanitizer Gratis Untuk Masyarakat

KLATEN, KRJOGJA.com – Universitas Widya Dharma Klaten melakukan kegiatan pengabdian berupa pengadaan Hand Sanitizer (HS), Masker, Hand Soap, dan Tempat Cuci tangan (Portable Washtafel). Dibagikan di kalangan civitas akademika maupun masyarakat yang memerlukan, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Wakil Rektor III Unwidha Daru Pratomo dan Koordinator Unwidha mengabdi Yulinda Erma Suryani, Selasa (31/3) mengemukakan, telah mendistribusikan sekitar 60 liter hand sanitizer untuk masyarakat. Selain itu juga membagikan sebanyak 20 liter alkohol, dan 5 botol hand sanitizer untuk pemenuhan kebutuhan di Rumah Sakit Islam Klaten.

Yulinda Erma Suryani menjelaskan, karena kesulitan membeli bahan jadi, akhirnya tim Unwidha Mengabdi terdiri tujuh roang dosen, memproduk sendiri di laboratorium kampus, menggunakan resep dari BPOM. Tim Unwidha mengabdi terdiri, Daru Pratomo, Yulinda, Bayu, Syarifah, Ratnanik, Anik, dan Sigit.

Rencana pembuatan hand sanitizer dimulai tanggal 16 Maret 2020, namun karena tidak mendapatkan alkohol, akhirnya mundur hingga 20 Maret. Selanjutnya tanggal 21 Maret produk hand sanitizer Unwidha sudah mulai didistribusikan, pertama kali ke wilayah Juwiring. Produk-produk Unwidha mengabdi diberikan ke masyarakat secara cuma-cuma. Pendanaan bersumber dari kampus, iuran para dosen, mahasiswa, alumni, dan para donatur lainya.

BERITA REKOMENDASI