Usai Tolong Teman, Bayu Hanyut di Sungai Bengawan Solo

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Bayu Sungsang Segoro (15) warga Dukuh Ngareh, Kelurahan Bulakan, Kecamatan Sukoharjo Kota hanyut di Sungai Bengawan Solo saat mancing ikan bersama empat orang temannya. Korban terbawa arus air setelah berhasil menyelamatkan temannya yang tenggelam saat bermain di tengah sungai.

Kabid Ops SAR Sukoharjo Slamet Raharjo, Sabtu (28/9/2019) mengatakan, kronologis kejadian bermula saat Bayu Sungsang Segoro bersama empat orang temannya pada Jumat (27/9/2019) sekitar pukul 15.00 WIB hendak memancing ikan di Sungai Bengawan Solo tepatnya di wilayah perbatasan di bawah Jembatan Serenan, Kabupaten Klaten dengan Bulakan, Sukoharjo Kota, Sukoharjo. Setelah tiba dilokasi korban bersama temannya ternyata tidak langsung memancing ikan namun mereka melakukan aktifitas lain terlebih dahulu yakni mandi. Saat mandi tersebut korban dan temannya kemudian membuat mainan berupa pelampung menggunakan bahan enceng gondok yang banyak terdapat di sungai.

Posisi enceng gondok yang akan diambil membuat pelampung oleh korban dan temannya berada di tengah sungai. Awalnya mereka tidak ada masalah saat korban membuat pelampung sendiri. Namun kemudian terdengar teriakan minta tolong dari salah satu temannya yang tenggelam terseret arus air. Melihat itu korban kemudian langsung memberikan pertolongan.

"Korban berhasil menolong temannya namun korban sendiri akhirnya hanyut terbawa arus air sungai," ujarnya.

Keempat temannya yang melihat korban hanyut sempat berusaha memberikan pertolongan. Namun usaha tersebut terlambat setelah korban terbawa arus air cukup jauh. Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke warga sekitar untuk membantu pencarian korban. Oleh warga kemudian ditolong dan juga dilaporkan ke petugas terkait.

Selang tidak lama petugas SAR Sukoharjo datang memberikan pertolongan dengan melakukan pencarian korban. Petugas menyusuri aliran Sungai Bengawan Solo di wilayah Sukoharjo dan berkoordinasi dengan SAR Kabupaten Klaten karena lokasi kejadian berada diperbatasan.

"Kami juga berkoordinasi dengan petugas terkait lainnya dalam kejadian ini," lanjutnya.

Lurah Bulakan, Kecamatan Sukoharjo Kota Darmadi mengatakan, pihak kelurahan sudah mendapat laporan dari warga mengenai kejadian orang hanyut di Sungai Bengawan Solo. Petugas kelurahan sudah mendatangi lokasi membantu pencarian korban. "Pihak keluarga korban juga sudah kami beri informasi mengenai kejadian ini," ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI