Vaksinasi di Boyolali Mundur

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Ribuan dosis vaksin Corona Virus Disease (Covid-19) Sinovac yang disimpan di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah akan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan (nakes) di beberapa kabupaten/kota. Antara lain di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Surakarta dan Kabupaten Kendal yang memiliki kasus terkonfirmasi Covid-19 cukup tinggi di Provinsi Jawa Tengah. Selain itu juga diperuntukkan bagi daerah dengan kasus Covid-19 yang tinggi.

“Sementara ini baru diprioritaskan untuk daerah daerah yang angka kasusnya tinggi. Untuk Jawa Tengah itu baru diprioritaskan untuk empat kabupaten/kota yang kasusnya tinggi sekali dan di Boyolali tidak termasuk empat prioritas tersebut,” terang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, Ratri S Survivalina saat ditemui di kantornya, Rabu (13/01/2021).

Sehingga, nakes yang ada di Kabupaten Boyolali harus bersabar dan menunggu. Pihaknya mengagendakan minggu ketiga bulan Januari atau paling lambat bulan Februari, vaksinasi tersebut akan segera dilakukan. Selain itu, pihaknya juga terus mempersiapkan sarana prasarana di 51 fasilitas kesehatan (faskes) yang melakukan vaksinasi. “Untuk sasaran vaksinasi ada 667.114 orang selama dua tahun ini,” ujarnya.

Tahap pertama pelaksanaan vaksin diprioritaskan untuk nakes sejumlah 4.423 orang. Tahap kedua untuk pelayan publik sebanyak 34.141 orang, selanjutnya untuk masyarakat rentan 271.117 orang.

Tahap keempat untuk masyarakat dan pelaku ekonomi sejumlah 212.541 orang. Serta untuk tambahan masyarakat rentan lainnya 144.102 sambil menunggu vaksin sesuai sasaran. “Sehingga masyarakat ini sudah divaksin tetap harus melaksanakan protokol kesehatan supaya tidak terjadi proses penularan,” harapnya. (*_1/Sit)

BERITA REKOMENDASI