Vaksinasi Sasar Pedagang Pasar Tradisional

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo berencana menyasar pedagang pasar tradisional sebagai sasaran vaksinasi virus Corona. Mereka dipilih karena rawan tertular virus Corona mengingat pedagang berinteraksi dengan banyak orang.

Pelaksanaan vaksinasi virus Corona sendiri belum diputuskan kapan menunggu kepastian pedagang pasar tradisional mana yang dipilih. Selain itu juga menunggu kesiapan penyediaan vaksin virus Corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Rabu (24/02/2021) mengatakan, Pemkab Sukoharjo secara bertahap akan melaksanakan vaksinasi virus Corona terhadap sejumlah sasaran. Pada pelaksanaan sebelumnya 25 Januari lalu diberikan kepada 10 orang tokoh masyarakat dan tenaga kesehatan, maka 24 Februari ini vaksin virus Corona disuntikan dengan sasaran peelayan publik.

Sasaran vaksinasi virus Corona berikutnya rencananya diberikan kepada pedagang pasar tradisional. Pemkab Sukoharjo merencanakan sasaran tersebut dengan salah satu pertimbangan sesuai kebijakan pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Tengah karena pedagang rawan tertular virus Corona. Penularan bisa terjadi mengingat pedagang berinteraksi dengan banyak orang di pasar tradisional.

“Rencananya memang kesana, pedagang pasar tradisional akan jadi sasaran vaksinasi virus Corona. Apalagi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah melaksanakannya di Semarang dan Solo,” ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo mengatakan, memang ada rencana pedagang pasar tradisional jadi sasaran vaksinasi virus Corona. Namun demikian sekarang masih dalam tahap persiapan dan belum diputuskan pedagang pasar tradisional mana yang akan menerima vaksin virus Corona.

“Belum diputuskan, tapi kami punya dua alternatif yakni pedagang Pasar Kartasura dan Pasar Gawok Gatak. Nanti akan dibahas bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona,” ujarnya.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo memberikan alternatif dua pasar tradisional yakni Pasar Kartasura dan Pasar Gawok Gatak karena ramai pedagang dan pembeli. Selain itu letaknya juga berada di wilayah perbatasan antara Kabupaten Sukoharjo dengan Kabupaten Klaten, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali. (Mam)

BERITA REKOMENDASI