Vaksinasi Usia 6-11 Tahun, Disdikbud Beri Pendampingan

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo melakukan pendampingan dan edukasi kepada siswa sekolah dan orang tua murid untuk mengikuti pelaksanaan vaksinasi virus Corona dengan sasaran anak usia 6-11 tahun. Hal itu dilakukan sebagai usaha percepatan mencapai kekebalan komunal anak sekaligus antisipasi penolakan akibat informasi hoax atau ketidakpahaman masyarakat terkait vaksin virus Corona. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo mencatat per 25 Desember 2021 sudah ada 1.886 anak mendapat vaksin virus Corona dosis pertama.

“Sasaran vaksinasi virus Corona ini berbeda dibanding yang sudah dilakukan sebelumnya pada remaja, dewasa dan lanjut usia (lansia). Kali ini anak-anak dimana mereka butuh pendampingan agar berani disuntik dan edukasi biar memahami tentang pentingnya vaksin virus Corona. Hal serupa juga kami berikan pada orang tua murid, jangan sampai mereka menerima informasi hoax sehingga menolak divaksin,” ujar Kepala Disdikbud Sukoharjo Darno, Rabu (29/12/2021).

Langkah yang dilakukan Disdikbud Sukoharjo tersebut berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) maupun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo. Antisipasi penolakan sejak dini sekaligus upaya percepatan vaksinasi virus Corona dengan sasaran anak-anak terus dilakukan bersama.

“Kami harap kekebalan komunal pada anak sekolah segera terwujud. Data sasaran usia 6-11 tahun sudah ada dan tinggal menunggu jadwal vaksinasi virus Corona. Sekarang sudah jalan dan pergerakan per hari kami juga memantau melalui DKK Sukoharjo dan sekolah,” lanjutnya.

Disdikbud Sukoharjo sejauh ini belum menemukan kendala pelaksanaan vaksinasi virus Corona. Kegiatan dapat berjalan lancar dengan pendampingan dari sekolah dan tenaga medis.

“Para orang tua sudah paham mereka harus berbuat apa sebelum dan sesudah anak menerima vaksin virus Corona. Mereka sudah mendapat edukasi dari sekolah dan penjelasan langsung dari tenaga medis,” lanjutnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan, berdasarkan data yang ada diketahui sejak dimulai 21 Desember hingga 25 Desember 2021 diketahui terakumulasi ada 1.886 anak usia sasaran 6-11 tahun sudah menerima vaksin virus Corona. Rinciannya, pada 21 Desember ada 138 anak terdata, angka tersebut kemudian naik menjadi 746 pada 22 Desember, kemudian 23 Desember 1.137 anak, 24 Desember 1.886 anak dan 25 Desember 1.886 anak. (Mam)

BERITA REKOMENDASI