Volume Kendaraan Meningkat, Jalan Diperlebar

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pelebaran jalan terus dilakukan Pemkab Sukoharjo untuk meningkatkan kemudahan akses bagi masyarakat. Kegiatan tersebut dilakukan menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan mengingat volume kendaraan yang melintas semakin banyak. Pelebaran dilakukan tidak hanya di jalur utama saja melainkan juga di wilayah pinggiran sebagai jalur alternatif.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo, Jumat (17/1) mengatakan, Pemkab Sukoharjo sudah melakukan program pelebaran jalan disejumlah wilayah yang jadi kewenangan daerah. Pelebaran dilakukan dengan skala prioritas terlebih dahulu di jalur utama. Pilihan tersebut menyesuaikan dengan kebutuhan di masyarakat. Sebab jalur tersebut banyak dilintasi kendaraan keluar masuk wilayah Sukoharjo.

Beberapa titik yang sudah dilakukan pelebaran jalan tersebar disejumlah wilayah. Seperti di wilayah selatan meliputi Kecamatan Tawangsari, Weru dan Bulu, wilayah utara Kecamatan Grogol, Baki, Gatak dan Kartasura. Hal sama juga sudah dilakukan di Kecamatan Mojolaban dan Bendosari.

Pelebaran jalan dilakukan dari sebelumnya ukuran 3 menter ditambah kanan kiri masing masing setengah meter menjadi total 4 meter. Dengan ukuran jalan seperti itu Pemkab Sukoharjo berharap arus lalu lintas kendaraan menjadi lebih lancar.

“Sisi kanan kiri jalan dilebarkan menggunakan tanah atau lahan masih milik Pemkab Sukoharjo. Jadi selama pelebaran jalan tidak ada masalah,” ujarnya.

Beberapa titik jalan yang selesai dikerjakan pelebaran sudah bisa digunakan masyarakat. Hal itu seperti pada jalur Carikan-Combongan-Dukuh, Sukoharjo, jalur Tawangsari-Weru, jalur Pondok, Grogol- Mancasan,Baki, jalur Blimbing, Gatak-Jetis,Baki, Bakipandeyan,Baki-Duwet,Baki, jalur Ngemplak, Kartasura-Gawok, Gatak dan lainnya.

“Selain jalur utama Pemkab Sukoharjo juga melakukan pelebaran jalan pemenuhan kebutuhan masyarakat mempermudah akses lalu lintas kendaraan di wilayah pinggiran sebagai jalur alternatif seperti di jalur Pondok, Grogol- Mancasan,Baki, jalur Blimbing, Gatak-Jetis,Baki, Bakipandeyan,Baki-Duwet,Baki,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI