Wamenkes Kagum Kampung Germas di Boyolali

Editor: Agus Sigit

BOYOLALI, KRjogja.com – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono melakukan peninjauan kampung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Teguh Beriman di Desa Pranggong, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat
(10/12/2021).

Kampung Germas menjadi perhatian kementerian Kesehatan dalam rangka membangkitkan dan menjaga kesadaran masyarakat hidup sehat. Menjadi desa terpadu yang menyediakan berbagai akses dan fasilitas warga, termasuk dibidang kesehatan. Mulai dari tempat berkumpul dan bermain, ruang komunitas, ruang pemberdayaan warga hingga pos binaan terpadu penyakit tidak menular (Posbindu).

Menurut Wamenkes, Desa Pranggong salah satu dari 15 kampung Germas di Jawa Tengah, desa yang memiliki taman bermain anak, hiasan ramah lingkungan, fasilitas kegiatan kesehatan warga, Posbindu serta menjadi tempat pemberdayaan masyarakat dalam hal perkebunan dan produksi kripik pisang. Desa yang mandiri dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat.

Dante menilai, kampung Germas dapat menjadi akar kebangkitan sektor ekonomi yang terpuruk selama pandemi. Wamenkes mengaku kagum dengan sukses kampung Germas di Pranggong, pihaknya berjanji akan mendorong kampung Germas lebih banyak dibuat di Indonesia.

” Tadi saya lihat ini tanpa dana tambahan dari pusat, mereka bisa kembangkan dengan dana mandiri. Saya berjanji akan dikembangkan seluruh Indonesia, desa Pranggong bisa menjadi percontohan. Mungkin Kepala Desa diundang ke Jakarta untuk menyampaikan apa yang dilakukan di kampung Germas,” kata Dante Saksono Herbuwono disela-sela meninjau kampung Germas di Desa Pranggong, Jumat (10/12/2021).

BERITA REKOMENDASI