Merapi Siaga, Warga Balerante Gelar Doa Bersama

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Warga di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Desa Balerante Kecamatan Kemalang, Klaten, Kamis malam (5/11) mengadakan doa bersama memperingati satu dasawarsa erupsi Merapi yang meluluhlantakkan perkampungan mereka. Selain itu juga untuk mohon keselamatan sehubungan peningkatan aktivitas Merapi yang kini naik ke level siaga.

Erupsi 5 Nopember, 10 tahun silam memakan satu korban jiwa Balerante serta membakar seluruh rumah dan menghanguskan ratusan sapi yang merupakan harta kekayaan warga.

Perangkat Desa Balerante Jainu, di sela acara doa bersama mengemukakan, kegiatan dilakukan untuk mengingat kembali kejadian dahsyat tersebut.Hal ini dimaksudkan sebagai sarana untuk mengingatkan kembali seluruh warga agar tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya erupsi Merapi. “Warga doa bersama, bukan untuk mengenang yang pilu, namun untuk mengingatkan agar kami tetap waspada karena sewaktu-waktu bahaya erupsi mengancam. Kami mohon pada Allah agar diberikan keselamatan,” kata Jainu.

Petemuan malam itu menggugah kenangan warga bagaamana rasa takut mereka belari tunggang langgah di tengah malam buta untuk menyelematkan diri dari amukan wedhus gembel.

BERITA REKOMENDASI